CARA MENGATASI KUTU DAUN PADA TANAMAN CABE TANAMAN CABE PEKARANGAN (SKALA RUMAH TANGGA)



CARA  MENGATASI KUTU DAUN PADA TANAMAN CABE
TANAMAN CABE PEKARANGAN (SKALA RUMAH TANGGA)

INFO TANI KATINGAN>> BLOGSPOT>>CO.ID

       Tanaman Cabe (lombok) di Indonesia adalah pangan sayuran yang sangat digemari masyarakat terutama digunakan dalam membuat makanan sayuran, cabe sering di campurkan di sayur masakan atau di masak dengan olahan gorengan cabe atau dioleg (di sambal) pada saat  menyediakan makanan.

       Hampir setiap hari bagi masyarakat penyusaka masakan pedas tak akan ketinggalan menggkonsumsi cabe. Disamping sebagai sayuran dan penambah citra rasa dan penambah selera makanan , cabe juga banyak mengandung senyawa anti oksidan bagi tubuh.

       Karena cabe sering dikonsumsi maka hampir disetiap pekarangan rumah ada yang menanam cabe sehingga kalau malas kepasar maka cabe siap dipetik, untuk mememlihara cabe di pekarangan baik yang ditanam di lahan atau tanah mapun  cabe yang ditanam di pot atau polybag bagai yang rumahnya tak ada lahan yang cukup luas maka alternatip nya menanam cabe dengan sistim polybag atau pot.

       Ada beberapa keuntungan menanam cabe di polyabag atau pot :
1.      Yang pertama adalah memanfaatkan pekarangan yang sempit sehingga masih bisa menanam cabe.
2.      Pemeilhaan akan cukup mudah karena dalam hal pembersihan gulma tak terlalu banyak dan tak terlalu sulit cukup dicabut saja dengan tangan.
3.      Pemupukan akan mudah dan dapat teratur dipupuk karena dekat dengan penghuni rumah sehingga jika ada waktu senggang bagi yang sibuk bekerja baik pagi maupun sore dapat di pupuk dengan interval waktu yang bisa dijadwalkan.
4.      Penyiraman pun akan mudah baik jika waktu saat tak musim hujan maupun  penyiraman rutin pagi dan sore.
5.      Yang tak kalah penting dalam pemeliharaan dan perawatan tanaman cabe sekala rumahan adalah mengatasi adanya serangan hama pada cabe.

Apa saja  hama dan penyakit  yang sering menyerang tanaman cabe :
Akan kita bahas disini ; yang pertama tanaman cabe sering diserang hama kutu daun atau kutu putih, atau yang dikenal juga sebagai kutu kebul, merupakan hama bagi tanaman. Tidak hanya merusak tanaman, kutu-kutu ini juga mengganggu pemandangan dengan bercak-bercak berwarna putih yang mereka tinggalkan dan telur-telur yang menempel pada daun tanaman Anda. Kutu putih biasanya ditemukan di bagian bawah daun dan menghisap getah dari tanaman yang ia tinggali. Selain mengambil nutrisi tanaman, kutu putih juga dapat memicu pertumbuhan jamur dan menyebarkan virus-virus tanaman tertentu. Segera basmi hama ini dengan menggunakan berbagai cara yang mungkin dapat Anda lakukan, kita bisa mengatasi kutu putih pada tanaman cabe baik secara kimia mapun biologis atau memeliahara tanaman pemangsa kutu putih tapi dengan cara ini kita akan kesulitan.
Sedangkan secara kimia bisa menggunakan insektisida yang banyak dijual dipasar toko pertanian tetapi dengan cara ini kita akan merasa was-was karena dengan kimia adalah racun baik bagi hama maupun bagi kita manusia yang mengkonsumsi sehingga jika ada cara lain maka itu yang penting kita ketahui.

Dengan cara kita bisa membuat insektisida buatan baik yaitu dengan menggunakan bawang putih yang kita hancurkan atau belender baru kita saring dan campurkan dengan deterjen lalu semprotkan ke bagian bawah daun cabe, berulang –ulang seminggu sekali.
Maupun bisa kita menggunakan pontong –pontong rokok tembakau dalam jumlah misal 30-50 pontong rokok lalu kita campurkan dengan air hangatdalam sebuah botol bekas  dan diam kan selama satu malam kemudian kita saring dan masukan dalam sprayer atau semprotan kecil lalu masukan atau campurkan air putih secukupnya sprayar lalu semprotakan kebagian bawah daun secara continu maka kutu putih akan sendirinya lari atau menjauh dari daun cabe.
Bisa dilakukan berulang ulang seminggu sekali disemprotkan.


Demikian sedikit informasi tentang pencegahan dan pengusir hama kutu putih pada tanaman cabe, silahkan mencoba semoga berhasil dan informasinya bisa bermanfaat bagi anda pecinta cabe dan tanaman.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT