PENGARUH PEMUPUKAN PUPUK KANDANG TERNAK DALAM BUDIDAYA TANAMAN KELAPA SAWIT DI LAHAN GAMBUT



PENGARUH PEMUPUKAN PUPUK KANDANG TERNAK
DALAM BUDIDAYA TANAMAN KELAPA SAWIT DI
LAHAN GAMBUT



TANI 
KATINGAN.BLOGSPOT.CO.ID.>>PERKEBUNAN>>PEMUPUKAN>>KESUBURAN TANAMAN >> BIOLOGIS >>FISIOLOGIS

Tanah gambut adalah tanah yang kebanyakan berada pada dataran rendah sehingga air menggenang dengan ditumbuhi berbagai macam tanaman adaftif seperti tanaman paku, pohon geronggang, rumput ilalang, tanaman pohon karamunting, serta gulma berdaun lebar. Pohonpohon kayu yang besar seperti pohon kayu rapangan (sebutan kayu untuk kayu bergetah), kayu atau pohon galam yang sering mendominasi tumbuh pada lahan gambut.
Lahan gambut adalah tanah yang terbentuk dari seresah daun,akar kayu, ranting dan pelapukan bahan kayu dan rumput yang tidak terurai atau terdekomposer sempurna karena lahan berair serta pada keadaan banyak oksigen masuk karena pori-pori banyak (anaerob).
Taksonomi Tanah (soil survey Staff, 1975) dalam Halim dan Bustani (1997:2) mendefinisikan gambut sebagai tanah yang mengandung bahan organik >20% (bila tanah tidak mengandung liat ), atau lebih dari 30% (bila tanah mengandung liat > 60 % dan tebal nya secara kumulatif > 40 cm. Bila ketebalannya gambut kurang dari 40 cm dikategorikan sebagai tanah bergambut.
Dalam pemahaman yang sangat mudah dipahami bahwa gambut adalah onggokan bahan organik, seresah daun-dauanan kering, kayu, lumut, rumput kering, yang penimbunannya atau penumpukannya lebih tinggi dari hasil dekomposer atau penguraian atau pelapukannya, sehingga tanah menjadi kurang sempurna akan menyebabkan tanah yang asam, sehingga pada tanah gambut sering digunakan pupuk kalium atau pengapuran untuk menetralisir keasaaman tanah.
Pada kenyataan dilapangan lahan gambut mempunyai ketebalan yang berpariasi serta pada kebanyakan tanah gambut ditemukan dilapisan bawahnya banyak tanah granit atau tanah yang berwarna kecoklatan serta keras sekali.
Dengan memahami hasil pakar peneliti diatas dari temuan tentang gambut maka pemeberian pupuk kandang yang kaya organisme bermanfaat sebagai pengurai dari gambut maka pemeberian nya sangat berguna dan baik sekali sebab dapat mempercepat pelapukan karena pada pupuk kandang mengandung micro organisme pengurai apalagi yang sudah dicampurkan dengan larutan EM-4 yang mengandung bakteri pengurai didalamnya.
Pada perkebunan kelapa sawit dilahan gambut maka dilobang tanam sebaiknya diberikan pupuk kandang atau setelah tanaman berumur 6 bulan samapi 1 tahun dan seterusnya berikanlah pupuk kandang ternak, pupuk kandang yang baik adalah pupuk kandang ternak kambing karena bersifat awet dan tahan lama.
Selain pemberian pupuk kandang juga pemberian pupuk an organik seperti urea, Tsp, dan Kcl, serta pupuk Dolomit atau kapur atau calsium.
Dalam membentuk sifat fisik dan bioligis tanah, pemeberian pupuk organik sangat disarankan yang bersifat memperabaiki sifat fisoloigis dan Bilologis tanah sehingga tanah akan gembur, subur dan kaya akan humus akan berpengaruh kepada tingkat kesuburan tanaman kelapa sawit.

Dalam hal memperbanyak buah, maka penggunaan pupuk k yang tsp yang sangat dominan sebab keduanya berfungsi untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan serta jenis pupuk buah lainya.


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT