SARANG SEMUT DAN KHASIATNYA UNTUK KESEHATAN


Sarang Semut adalah istilah Indonesia untuk menyebut genus myrmecodia, suatu genus tanaman mimerkofit epifit yang berasal dari Asia Tenggara dan kepulauan besar yang terbentang sampai QueenslandAustralia. Istilah Myrmecodia berasal dari bahasa Yunani myrmekodes yang berarti "mirip semut" atau "dikerumuni semut". 

Sarang semut umumnya didapat di daerah yang berhutan sak karena sebagai sarang nya semut semut untuk membuat koloni semut sehingga berasang sedangkan dilihat dari bentuknya seperti dari tanah yang dijalin menggunakan air liurny sebagai pelakat atau lem.  

Sarang semut tumbuh pada dahan atau batang tumbuhan dan banyak ditemukan didaerah papua.. Di alam, akar umbi Sarang Semut biasanya terjuntai pada cabang-cabang tanaman tanpa jumlah substrat yang signifikan, sehingga bergantung kepada proses simbiosis untuk kebutuhan nutrisinya

Tanaman ini menghantarkan sari makanan dan air melalui bongkot ,coklat keabu-abuan yang mengembang dan ditumbuhi duri-duri. Batangnya yang tebal dan tidak bercabang terbungkus oleh klipeoli sera alveoli yang juga mengandung duri dan dipenuhi oleh daun-daun kecil.

       Di kalimantan sarang semut ini dicari dan di jual sebagai bahan obat herbal sert tradisional penduduk sebagai berhasiat obat pencegahan dan penyembuhan penyakit kanker.

Dalam perkembangan kemajuan teknologi dan modernisasi tak membuat sarang semut ini di tinggalkan saja malahan di jual dan dicari masyarakat karena kegunaannya dan manfaatnya yang begitu besar.
      Sarang semut atau dalam bahasa dayak "sarang betik" ini juga bisa untuk meningkatkan air susu ibu karena kandungan yang tersimpan di dalamnya.

     Banyak dicari dihutan dan diperjual belikan serta bisa dibuat kapsul serta dipasarkan utuh sebagai sarang semut alami.
      Dalam kebiasaan masyarakat pedalaman kalimantan yang sehari hari sering hidup dihutan oleh karenanya penduduk pedalaman banyak mengetahui keadaan sekeliling flora and fauna kekayaan anugrah alam yang bisa bermanfaat serta sangat diketahui dan dipahami atau di kenal oleh mereka mana macam tanaman dan hewan serta tumbuhan yang bermanfaat dan berhasiat bagi kesehatan kita.






Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT