Cara Cangkok Tanaman agar cepat berakar

Tanikatingan.blogspot.co.id

Cangkok adalah salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif untuk membuat cangkokan tumbuh akar baru dengan cara membuat sayatan di dahan yang ingin dicangkok.


Tanaman yang dicangkok sebaiknya yang sudah berbuah, mempunyai keunggulan tersendiri baik buah, rasa, jenis dan lain sebagainya.
Nah?  Bagaimana sehingga proses cangkok tumbuh akar.

Cangkok adalah teknik membuat sayatan yang melukai kulit luar dahan dan mengikis kambium hingga lendirnya hilang serta memutuskan aliran nutrisi atau mobilisasi unsur hara ke daun sehingga merangsang dahan untuk mengeluarkan akar baru.
Dalam proses cangkok kita bisa menggunakan zpt atau perangsang akar atau bawang sebagai pengganti zpt, kemudian kita menyiapkan sabut kelapa untuk pembongkos atau kita gunakan plastik yang kita isi dengan tanah + pupuk kandang yang kita ikatkan ke dahan,

kemudian ikat melingkari media. Cangkok hingga rapat tidak guyang.  Siram pagi dan sore jika cuaca tidak. Hujan jika hujan tidak usah.

Pada kebanyakan cangkok. Akan mengeluarkan akar 1- 2 bulan tergantung jenis tanaman, lakukan pengecekan jika sudah sebulan apakah muncul akar atau belum.
Untuk memotong dahan yang tumbuh akar, jika akar sudah banyak dan persiapkan media polybag yang di isi. Tanah subur dan tanam kan di polybag dengan membuka plastik jika menggunakan palatik, jika. Sabut kelapa buka dengan perlahan agar akar tidak rusak.
Taruh tempat teduh sampai muncul tunas tunas. Baru dan sydah. Tumbuh sempurna baru dipindahkan ke lahan atau tabulampot.
Saat mindahkan ke polybag pangkas daun hingga tersisa sebagian. Untukengutangi penguapan air.
Demikian cara cangkok agar berhasil, tips selanjutnya kalu pakai medi plastik racik sabut kelapa campurkan ke tanah media cangkok yang berfungsi untuk menahan air dan menyerap air jika hujan agar media tidak mudah kering.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT