Cara Pemberian Pupuk Cair Dengan Sistem Kucur

Info Tanikatingan.blogspot.co.id>>Tanaman Hurticultura>>Buah-Buahan

Apa itu Pemupukan ? Mungkin Semua orang atau petani kita sudah barang tentu paham dan mengerti arti sebuah kegiatan Pemupukan !

Secara Harfiah Pemupukan Adalah Pemberian bahan bahan yang dimaksudkan untuk menyediakan unsur hara bagi kebutuhan tanaman. Umunnya Pemberian pupuk dalam bentuk padat dan pupuk cair melalui media tanah dan diserap oleh akar tanaman , serta pemberian pupuk cair bisa juga melalui permukaan daun yang mana saat pagi hari daun tanaman akan membuka stomata atau pori kecil yang tak terlihat kasat mata dan stomata inilah jaringan masuknya pupuk cair yang disemprotkan akan masuk ke sel-sel dan jaringan tumbuhan dan tanaman.

Ada Beberapa Tujuan Pemupukan :
1. Memperbaiki sifat tanah seperti sifat fisika, biologi dan kmia tanah yang disebut pembenahan tanah (amendement) yang berarti perbaikan (reaparation) atau penggantian (restitution). Bahan bahan itu termasuk mulsa, temperatur, pembenah tanah, dan pemberian kapur pertanian untuk menetralisir keasaaman tanah (ph) tanah yang berisifat asam.

    Pada tanah yang asam biasanya akan terjadi keracunan Al, dan Fe (aluminium dan besi). Demikian sekilas tujuan dan manfaat pemupukan bagi tanah dan untuk tanaman berfungsi untuk menambah ketersedian unsur hara bagi tanaman sehingga tanaman akan tumbuh subur dan bagus.
Pemberian melalui aflikasi pemupukan padat adalah pemebrian pupuk dari jenis pupuk butiran biasa pupuk NPK padat atau Pupuk Majemuk dan pupuk tunggal.
Ada juga Pemberian Pupuk padat atau butiran dengan di encerkan terlebih dahulu dengan bahan air sehingga larut dan menyatu dengan air lalu disiramkan atau dikucurkan ke media tanah sekitar batang tanaman.

Ada juga pupuk cair yang berpungsi sebagai pembenah tanah lalu bahan pupuk cair tadi dicampurkan air dan dikucurkan sekitar tanaman jika tanaman dalam pot (tanaman buah dalam pot) dapat anda kucurkan sekitar pinggir lingakaran pot agar akar ujung tanaman dapat mudah dan langsung menyerap pupuk tersebut sebab bagian ujung akar akan banyak akar serabut yang fungsinya sebagai jaringan penyerap pupuk baik cair dan padat maupun penarik dan penyerap unsur hara yang terdapat di dalam tanah.
   

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT