JENIS JENIS MAMALIA YANG BERKEMBANG BIAK DENGAN BERTELOR, BERANAK, DAN KEDUANYA


Beberapa Jenis Hewan/Mamalia Yang Reproduksinya atau berekembang biaknya dengan cara telor dan beranak)
sekarang kita akan bahas satu persatu cara berkembang biaknya hewan tadi .

Contoh Hewan Ovipar

Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Hampir semua unggas, reptil, ikan serangga, dan amfibi tergolong hewan ovipar. Ciri-ciri dan karakteristik mereka umumnya tidak memiliki daun telinga dan tidak memiliki kelenjar susu. Hewan ovipar tidak menyusui anaknya.
Contohnya Unggas : Ayam, Itik,  Ikan, Serangga, Katak, Ular, Burung.

Calon individu baru hewan ovipar berBertelor ?



Cara Berkembang Biaknya Hewan, Binatang, atau mamalia itu dapat dikelompokknan berdasarkan cara mamalia, hewan, bianatang untuk menurunkan garis keturunannya yaitu ada 3 Kelompok ?
Hewan berkembang biak dengan cara Ovipar adalah Hewan yang berkembang Biak dengan Cara bertelor .
Hewan berkembang biak dengan Vivipar  adalah dengan cara beranak 
Hewan yang berkembang biak dengan Cara penggabungan kedua cara diatas (Ovipar dan Vivipar) disebut Ovivivipar (bertelor dan beranak)
kembang dalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang terdapat dalam telur tersebut. Telur hewan ovipar akan menetas pada waktu tertentu atau setelah dierami.

Ada 5 kelas dalam kerajaan animalia yang umumnya termasuk hewan ovipar. Keempat kelas tersebut antara lain aves (burung), insecta (serangga), reptilia (reptil), pisces (ikan), dan amfibi (amphibi). Berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh hewan ovipar dari masing-masing kelas tersebut mulai dari nama latinnya hingga siklus perkembangbiakannya.

1. Ayam

Ayam termasuk contoh hewan ovipar dari kelas aves (burung). Perkembangbiakan ayam yang dilakukan dengan bertelur dimulai dengan proses pembuahan dalam organ reproduksi ayam betina. Betina ayam menghasilkan telur yang kemudian dikeluarkan olehnya melalui anus untuk kemudian dierami. Pengeraman telur ayam oleh induk betina dilakukan selama 20-21 hari. Pengeraman dilakukan untuk menjaga suhu di sekitar telur agar tetap hangat. Penggunaan inkubator untuk menggantikan induk ayam betina dalam proses pengeraman dewasa ini semakin banyak dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses perkembangbiakan dalam skala besar.

2. Angsa

Sama seperti ayam, angsa atau soang juga berkembang biak dengan cara bertelur. Oleh karena itu, hewan bernama latin Cygnus sp. ini juga termasuk contoh hewan ovipar. Telur angsa umumnya berukuran lebih besar dibandingkan telur unggas lainnya. Ia menetas pada hari ke 21 setelah induk betina mengeluarkan telur tersebut dari tubuhnya.

3. Burung

Semua jenis burung di dunia berkembang biak dengan cara bertelur. Masing-masing jenis burung memiliki periode perkembangbiakan yang berbeda-beda. Burung merak misalnya, mereka dapat berkembang biak secara terbatas. Oleh karena itu, keberadaan mereka semakin sedikit apalagi karena ditunjang oleh faktor perburuan.

4. Ikan

Berbeda dengan contoh hewan ovipar dari kelas unggas yang melakukan pembuahan di dalam tubuh betinanya, ikan justru hanya dapat melakukan pembuahan di luar tubuh. Betina ikan dewasa akan mengeluarkan sel telur ke perairan, sang jantan kemudian menyemprot sel telur itu dengan sel protozoa. Kedua sel kemudian bertemu dan menciptakan individu baru melalui proses pertumbuhan yang lamanya berbeda-beda tergantung jenis ikannya.

5. Katak

Sama seperti ikan, hewan amfibi satu ini juga termasuk contoh hewan ovipar yang melakukan pembuahan di luar tubuh betinanya. Yang berbeda, telur katak akan mengalami pertumbuhan melalui proses metamorfosis. Telur katak tidak menetas, melainkan langsung berubah menjadi zigot, kemudian berudu atau kecebong, lalu katak muda, dan terakhir katak dewasa. Untuk mengetahui bagaimana proses metamorfosis katak, Anda bisa membacanya di artikel ini.

6. Serangga
Semua hewan yang termasuk dalam kelas serangga berkembang biak dengan cara bertelur. Belalang, kupu-kupu, laron, dan serangga lainnya adalah contoh hewan ovipar. Anda bisa menemukan telur-telur mereka di dedaunan. Ulat yang menggulung di daun pisang misalnya, mereka sebetulnya berasal dari telur kupu-kupu yang menetas. Mereka akan bermetamorfosis menjadi serangga baru melalui fase telur-ulat-kepompong-serangga dewasa. Fase metamorfosis masing-masing serangga berbeda-beda.

7. Buaya
Buaya adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelor di semak-semak dan menggali lubang untuk dia bersarang dan bertelor dan mengeram.

Hewan Yang berkembang Biak dengan Cara Beranak (Vivipar) adalah cara berkembang biaknya dengan cara beranak seperti : Sapi, Kambing, Babi, Kucing, Kanguru, unta, kuda, kera, gajah, singa, harimau,paus, kelelawar, Tikus, Jerapah, Anjing, Orang Utan, Lumba -lumba, Anjing laut, Pinguin, Singa Laut, Pesut, Tupai, Domba, Kelinci, Musang, Marmut, Koala Adalah hewan di daratan Australia, dan sebagainya.

Hewan yang berkembang biak dengan cara keduanya (Ovivivapar) seperti Platypus, Ikan Pari, Bunglon, Iguana, Ikan Guppy , Kadal, kuda laut. Nah Bagai mana Cara berkembang biak sehingga bisa demikian ?
seperti Ikan pari , ikan pari awalnya jantan dan betina akan melakukan pembuahan lalu akan menghasilkan telor, dan telor -telor tersebut tidak langsung dikeluarkan tetapi akan disimpan didalam tubuh ikan pari betina sampai calon janin atau embrio nya tumbuh dan berkembang didalam kandungan hingga titik yang optimal , setelah mencapai titik optimal barulah telor tadi dikeluarkan dari dalam perut ikan pari dan di buahi dalam waktu hanya 90 detik saja sangat cepat dan singkat , sedangkan masa kehamilannya memakan waktu 9-12 bulan  dan dalam masa melahirkan menghasilkan 5-9 anak. sungguh luar biasa keajaiban ciptaan tuhan tentang cara dan berkembangnya hewan, mamalia di muka bumi ini maka kita harus menjaganya agar tidak punah. Untuk Jenis Mamalia lainya yang berkembang biak dengan cara Ovivipar (beretelor dan Beranak) hampir sama cara berkembang bakannya.
demikian cara berekembang biak hewan dan mamalia semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT