JAMBU MADU YANG MENGGODA SELERA DAN KAYA VITAMIN

JAMBU MADU MEMANG GURIH DAN MANIS


             Jambu Air merupakan jambu  Jambu yang enak dan rasa yang gurih jika dimakan serta jika dibuat dengan rujak dan sambal. Sesuai dengan namanya Jambu Madu, mungkin karena rasa yang gurih dan empuk serta manis jika dikonsumsi , sehingga masyarakat luas menamakan jambu jenis ini jambu madu.

          Dari manakah asal jambu madu ? Jambu Air merupakan tumbuhan yang termasuk dalam suku jambu-jambuan atau dalam bahasa latin Myrtaceae dan berasal dari Asia Tenggara.

           Jambu Air merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi bisa mencapai tiga hingga sepuluh meter dengan bentuk batang yang berbentuk bengkak-bengkok dan mempunyai cabang yang banyak.

            Dalam dunia tumbuhan jambu, di Indonesia banyak jenis dan ragam tanaman jambu dari yang buah berukuran kecil samapi besar, serta mempunyai rasa dan warna yang beraneka ragam.

         Namun yang menarik dalam tumbuhan jambu adalah jambu yang dua ini yaitu Jambu Madu Citra dan Jambu Madu Deli Hijau. Jambu Madu citra umumnya buahnya berwarna merah dan rasa yang empuk serta manis jika dimakan.

                Jambu Madu mempunyai kadar air yang tinggi serta banyak mengandung serat dan juga banyak mengandung vitamin c dan kandungan  Vitamin lainnya yang terkandung didalam jambu madu.
Dalam jenis Jambu Madu Deli Hijau dan Jambu Madu Citra , keduanya Hampir mempunyai kesamaan baik rasa dan kandungan vitaminnya, Hanya Pada warna yang sangat berbeda yaitu jambu Madu Citra berwarna merah mencolok dan Jambu madu deli berwarna Hijau .

            Keunggulan dari jenis jambu madu ini adalah mampu berbuah pada usia tanam dari nol bulan sejak di tanam dari polibag dari hasil stek atau cangkokan bisa berbuah pada usia enam hingga delapan bulan baik yang ditanam dilahan atau ditanam di pot atau tanaman dalam pot (tabulampot).

        Dalam pemeliharaannya tanaman jambu madu cukup lah mudah jika deiberikan pupuk secara rutin dan pencegahan hama dan penyakit tanaman ini bverbuah baik dan akan menghasilkan buah yang banyak.

       Jambu Madu Deli hijau dan Citra memiliki berat buah antara 200 sampai 300 gram per buah, tentulah jambu madu ini sangat menjadi idola bagi penggemar jambu karena buahnya yang mantap serta pohonnya yang bersih . Selain Vitamin C jambu madu juga mengandung vitamin A , kandungan serat yang tinggi sehingga memperlancar kesehatan pencernaan  dan kandungan air yang tinggi dapat mengurangi dehidrasi pada tubuh.

        Begitu banyak manfaat dari segi kesehatan tentu juga berbudidaya tanaman jambu madu kita akan mendapatkan keuntungan yang lumayan sebab jambu ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi apalagi jika dijual dalam kemasan yang sangat baik dan menggoda.

          Dalam  budidaya jambu madu banyak para pengusaha jambu ini yang berhasil
berbudidaya dengan sistem tanam dalam polibag atau pot.
Dalam pemeliharaan dengan pot dan polibag kita akan mudah merawat tanaman jambu madu sebab bisa dikontrol jumlah dan dosis pupuknya, kadar airnya serta penyiangan gulma pun mudah serta dalam ukuran tinggi tak teralalu tinggi mampu berbuah banyak.



Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT