Semai Mahkota NeNaS SecaRa HidroPoniC

MenuMbuHkaN AkAR NeNaS SeCaRa HiDrOpiNiC
    Nenas adalah tanaman yang dikategurikan tumbuhan bersifat dapat berdaftasi dengan semua jenis tanah, tanah pasir, lempung, vudsolik merah kuning serta tanaman nenas dapat tumbuh baik dan subur pada tanah yang asam dengan PH tanah 4,5-6,00 .
        Dalam kenyataan budidaya nenas dikalimantan tumbuh dan sangat berkembang pada jenis tanah gambut, sehingga ditanah asam sekalipun tanaman nenas baik dibudidayakan.
      Budidaya Nenas tak terlalu sulit dan boleh dikatakan mudah , dapat ditanam dengan mahkota nenas atau ditanam dari perbanyakan anakan nenas yang sudah berbuah.
     Dalam hal perbanyakan tanaman nenas hendaknya dicari bibit nenas yang sehat, bagus, dan jenis nenas madu yang warna buah kuning, buah besar dan rasanya manis.
         Kebanyakan petani nenas menanam nenas dari jenis nenas madu yang rasa daging buahnya manis.
      Tanaman nenas kaya akan vitamin C, serta banyak kandungan airnya dan berserat jadi sangat baik untuk kesehatan tubuh.
     Pada dasarnya bertanam nenas baik dari mahkota nenas atau tunas nenas yang diambil lalu di buat lobang tanam serta di tanamkan langsung dilahan, dengan cara ini cukup mudah serta nenas dapat beranak dari tunasnya cukup banyak, sehingga jika kita menanam nenas cukup beberapa anakan saja  dan dalam waktu kurang lebih delapan bulan sampai setahun nenas akan berbuah dan muncul anakan baru yang bisa mencapai 5 - 7 anakan dalam satu pohon nenas, karena nenas tumbuh dari tunas atau rimpang nenas.

        Nenas juga bisa ditanam di pot atau polibag dengan ukuran 40- 50 cm, media dibuatkan dengan tanah, campur cocupit dan kasih juga tanah gambut dengan perbandingan 1:1:1, dalam usaha budidaya nenas di pot usahakan dibawah pot taruh pecahan genteng, atau pecahan batu bata atau jika tidak ada gunakan arang, gabus dan kerikil hal ini untuk menjaga air tidak becek atau menggenang, dengan hal ini jika curah hujan tinggi media tidak berair banyak maka nenas akan tumbuh baik jika terlalu basah nenas akan busuk pada akarnya.
     Nenas selain dimakan langsung juga bisa dibuatkan manisan nenas, bahan kue nenas, selai nenas dan berbagai macam bahan pangan olahan yang bisa dibuatkan dari bahan nenas.
    Demikian sekilas tentang nenas dan manfaatnya serta cara budidaya nenas.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT