Budidaya Lele Di Kolam dan Menjanjikan

      Budidaya lele adalah suatu usaha membudayakan atau memelihara ikan lele, banyak cara dalam budidaya lele bisa dengan kolam tanah,semen, atau kolam terpal dan kolam keramba. Dari semua jenis usaha budidaya lele , lele yang sering diusahakan dengan kolam semen pada pinggir kolamnya, kemudian didasar.kolam tidak diberi alas semen sebab lele menghendaki tanah yang berlumpur dan banyak planton sebagai habitat lele untuk makan dan.berkembang.
     Dalam usaha budidaya lele para penangkar lele sangat suka dengan lele karena kurun waktu panen sangat cepat jika pakan tersedia dan pemberiannya teratur maka panen dapat dilakukan pada usia 40 hari setelah tebar dikolam.

      Pada     sebagian masyarakat banyak pula yang tak memakan ikan lele karena ikan lele termasuk ikan pemakan segalanya, dan banyak pula yang suka dan hobi makan lele, makanya dikenal dengan masakan pecel lele.
  
        Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki "kumis" yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.
Lele tidak pernah ditemukan di air payau atau air asin, kecuali lele laut yang tergolong ke dalam marga dan suku yang berbeda (Ariidae). Habitatnya di sungai dengan arus air yang perlahan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Bahkan ikan lele bisa hidup pada air yang tercemar, misalkan di got-got dan selokan pembuangan.

        Ikan lele bersifat nokturnal, yaitu aktif bergerak mencari makanan pada malam hari. Pada siang hari, ikan lele berdiam diri dan berlindung di tempat-tempat gelap. Di alam, ikan lele memijah pada musim penghujan. Walaupun biasanya lele lebih kecil daripada gurami umumnya,namun ada beberapa jenis lele yang bisa mencapai panjang 1-1,5 m dan beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg.

      Lele disamping dimakan sebagi bahan lauk pauk juga bisa dibikin panganan olahan seperti pentol lele, keripik ikan lele Dan sebaginya.
     

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT