Suku anggrek-anggrekan (bahasa Latin: Orchidaceae) merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

       Kebanyakan anggota suku ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropika.

     Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan "berdaging" (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan ketersediaan air.

      Anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembap. Orchidaceae.
    Tanaman Anggrek umumnya tahan kekeringan serta hidup dengan hanya pakai media sabut kelapa atau serabut lumut serta akar tanaman pakis sehingga tak terlalu butuh media padat seperti tanah, dan untuk jenis anggrek ada yang tanpa media sama sekali hanya mengandalkan air hujan serta embun karena batangnya seperti kaktus dapat menyimpan dan menampung air dan bisa menahan nutrisi didalam batang, ketiak daun .jadi walaupun tak diberi nutrisi seperti pupuk dia mampu hidup dan bertahan.

    Anggota pentingnya yang dikenal baik manusia adalah anggrek hias serta vanili berkelopak bunga indah dan berwarna-warni.

     Memelihara anggrek dipekarangan rumah adalah disamping sebagai tanaman hias juga bisa menambah pemandangan yang indah karena bunga yang berwarna warni dan tak terlalau ribet pemeliharaannya.



Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT