Mengenal Buah langka Borneo

RAGAM BUAH
YANG MERUPAKAN KHASANAH TANAMAN BUAH EKSOTIS
DI PULAU BORNEO
Daerah pedalaman kalimantan (borneo) sangat kaya akan tanaman buah – buahan yang unik, zaman berganti zaman khasanah keanekaragaman buah – buahan yan dulunya sering kita jumpai sedikit berubah menjadi sesuatu yang tak lazim atau langka kita dapatkan , apalagi mencicipinya, kerinduan akan buah khas Borneo tersebut  sering kali tak kesampaian , masalahnya buah tersebut sudah sulit diperoleh. Sehingga diharapkan upaya adanya pelestarian benih atau bibit buah langka tersebut perlu dikembangbiakkan lagi untuk bisa dilihat generasi berikutnya. Ada beberapa jenis dan macam buah – buahan borneo yang biasa tumbuh di hutan liar seperti :
1. Buah  Lahung
Merupaka species Durian yang kulinya berwarna merah serta dagin berwarna kuning, dan duri duri yang tajam, merupakan tanaman buah durian liar di alam liar kalimantan.
2. Buah Durian Merah
Dengan ciri ciri isi buahnya berwarna merah merona, dengan ukuran buah agak kecil dari buah durian biasanya.
3. Buah bemotong
Buah yang menggerombol di pangkal batang, tepat diatas tanah dengan warna kulit merah, daging buah ungu atau putih.
4. Buah Pangi atau buah wanyi
Mirip seperti buah mangga  merupakan buah liar hutan kalimantan, dagingnya berwarna putih, rasanya manis keasam-asaman dan berbau sangat tajam, buah melonjong.
5. Buah ihau atau buah mata kucing atau bisa juga disebut buah tangkuhis
Mirip seperti buah buah klengkeng rasa dan bentuknya, tetapi kulinya berbentol bentol kasar, memiliki batang atau pohon yang besar dan tinggi menjulang. Memiliki dua warna yaitu Hijau dan kecoklat-coklatan.
6. Buah Rambai
Buah dengan bergerombol dalam satu tangkai buah, dengan rasa manis-manis asam, hampir mirip buah duku,
7. Buah Kapul
Hampir mirip buah manggis, hanya kulitnya seperti kulit kayu, bedanya dengan manggis, buah ini di ujung buah tidak ada seperti bintang seperti buah manggis.
8. Buah Tarap.
Mirip sekali dengan buah sukun, kulitnya bagaikan karet yang tertata rapi, rasanya sangat manis.
9. Buah Asam Putar
Juga mirip seperti buah mangga, uniknya bila pengen memakannya di iris tengahnya lalu di putar sehingga berbentuk seperti setengah lingkaran .
10.Buah Dangu atau buah gitaan
Juga mirip buah manggis isi buahnya, warna kulit buah berwarna orange, isi buah berwarna orange juga, rasa buah asam kecut dan agak manis.
Demikian sedikit ragam dan macam jenis buah – buahan borneo yang agak langka ditemui kembali di pasaran serta masih banyak lagi jenis buah-buahan langka lainnya di pedalaman kalimantan yang hampir punah, dari berbagai jenis buah tersebut karena tumbuh liar di alam bisa mencapai umur ratusan tahun, dan tumbuhnya dari biji.
Dengan agak langka nya jenis buah buahan tersebut penyelamatan plasma nutfah berupa buah –buahan lokal harus dilakukan agar keberdaaan buah lokal tetap ada.
Ada bermacam cara perbanyakan tanaman seperti melalui okolasi atau penempelan mata tunas, sambung pucuk (Grafting), dan kultur jaringan, atau dengan cara generatif yaitu penyemaian biji buah, dengan cara sambung susu (penyambungan akar tanaman dari biji ke tanaman yang sudah berumur), sambung sisip dan berbagai cara agriculture pertanian lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT