Teknik dan Cara Stek Jambu Air

Jambu Air termasuk dalam golongan family jambu - jambuan, banyak jenis dan macam jambu seperti jambu biji, jambu air, jambu bol (jamaica), jambu biji cristal, dan sebagainya.
Dalam perbanyakan tanaman jenis jambu , jambu biji susah untuk di stek, biasanya di perbanyak dengan cangkok, okolasi, sambung pucuk.
Untuk jambu air sangat mudah tumbuh akar dan tunas jika kita stek baik dahan, tangkai daun, maupun batang jambu itu sendiri.
Jambu juga dapat di cangkok, sambung pucuk, sambung sisip, sambung susu.
Langkah dalam teknik stek jambu air :
1. Mempersiapkan dahan atau ranting jambu.
2. Carilah pohon jambu yang sudah berbuah.
3. Untuk menghasilkan jambu hasil stek yang bagus pilih dahan yang akan distek dari jambu air yang berkualitas seperti jambu air madu.
3. Potong dahan yang di dapat dari pohon jambu air dengan membagi bagian dahan sebagai bagian dahan atau ranting stek dengan panjang 10 cm, lalu sisakan satu helaian daun yang utuh tanpa di gunting atau dibuang.

4. Setelah dahan untuk stek siap, kita masukan stek dahan kedalam larutan zat perangsang akar (root up), biar kan selama beberapa menit agar zpt meresap kedalam.

5. Siapkan media sungkup bisa dengan gelas transparan atau wadah toples plastik.
6. Masukan media tanah subur + cocopit dengan perbandingan 1 : 1
7. Agar pertumbuhan cepat dan perakaran yang akan tumbuh nanti sempurna berikan pupuk kandang ternak ayam dan arang sekam sedikit.
8. Setelah stek dahan dimasukan dalam media tanah lalu tutup rapat bagian atas dari gelas plastik atau sungkup dengan plastik atau toples.
9. Taruh media sungkup di tempat teduh sampai 1 bulan.
10. Akar akan tumbuh biasanga pada 3 minggu atau 4 minggu.
11. Setelah tumbuh akar dan tunas baru pada usia stek 1 bulan, pindahkan kemedia tanam yang lebih besar.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT