Membuat Bahan Insektisida Alami menanggulangi kutu daun pada tanaman

Pestisida merupakan bahan kimia yang berpungsi sebagai bahan aktif menanggulangi serangan hama dan penyakit pada tanaman, baik disebabkan oleh hewan kecil seperti semut, serangga, kutu daun, dan sebagainya.
Untuk hama yang menyerang tanaman seperti cabe, murbei sering adalah hama kutu daun.
Agar aman dan tidak mengandung bahan kimia aktif maka kita buat dari bahan alami seperti :
1. Bawang merah
2. Bawang putih
3. Cabe atau lombok
4. Cahe
5. Deterjen
6. Minyak kayu putih
Bahan - bahan tadi kita blender atau haluskan atau bisa dengan cara sederhana dengan di pirik atau di olek dalam olekan sambal, kemudian setelah halus kita campurkan dengan air lalu di saring dengan kain, masukan air saringan bahan tadi dalam sprayer, kemudian di semprotkan ke kutu yang menyerang tanaman, kita dapat melihat reaksinya, kutu berubah warna dari putih menjadi merah karena reaksi rasa pedas pada bahan tadi.
Cabe mengandung bahan Dalam rasa pedas membakar dari cabai adalah, bahan kimia yang disebut capsaicinoids. Bahan kimia tak berbau dan tak berasa ini tersembunyi dalam bagian putih dalam cabai.

Jahe....Jahe dengan nama ilmiah Zingiber officinale , merupakan tanaman rimpang yang sangat umum digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa pedas pada jahe disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. ( sumber : Wikipedia )

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT