Terbaru "Cangkok Tanpa Di Bongkos"

info>>tanikatingan>>hurticultura>>cangkok tanpa dibongkos.
   

Cangkok adalah salah satu cara memperbanyak tanaman atau penganekaragaman tanaman yang akan mendapatkan hasil akan sama dengan indukan nya sehingga mencangkok akan mewariskan sifat asli tanaman indukan.
Cangkok juga diharapkan mendapatkan tanaman cepat berbuah dan dapat ditanam di pot atau polibag yang sesuai dengan ukuran besar tanaman nantinya.
Biasanya cangkok dilakukan dengan membuat keratan atau sayatan pada dahan tanaman dengan demikian dengan adanya sayatan maka dahan yang dikerat akan merangsang pembentukan akar baru, karena adanya sumbatan pada keratan nutrisi dari bawah ke dahan akan terhambat membuat dahan memacu untuk memunculkan akar baru.
Pada kebanyakan cangkok dilakukan dengan membungkos dengan media tanah dan di gunakan sabut kelapa atau plastik.
Adapun cara ini hanya dengan membuat keratan di dahan dengan ukuran panjang 5-6 cm dan kikis kambium setelah itu biarkan keratan atau sayatan beberapa minggu sampai keratan akan muncul bentol bentol di sekitar sayatan. Kemudian potong dahan lalu oleskan dengan bahan perangsang akar dan keringkan beberapa menit kemudian tancapkan kemedia tanah subur yang disiapkan dengan polibag.
Taruhlah di tempat teduh sampai mengeluarkan tunas-tunas baru dan akar baru.
Kemudian bisa dipindahkan kemedia lain atau pot atau polibag besar.
Sayatan atau keratan pada dahan yang dibiarkan tanpa bongkos media tanah, dan tunggu beberapa minggu sampai kulit keluar bentol-bentol...baru di potong dan tanam kepolibag.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT