Buah Durian Dengan Aroma Yang Harum

         
          Durian adalah buah yang dijuluki Raja Buah karena Rasa nya yang enak sekaligus aruma nya yang harum serta menyebar kemana - mana.
Durian yang masak di pohon dan didapat dari jatuh nya adalah buah yang matang di pohon dibanding buah yang dimasak dengan di peram.
    Buah yang terkenal dengan rasa dan aroma yang khas ini bisa dibuat dodol durian, tempuyak, dan kue rasa durian.
     Buah ini berduri tajam, dan berbagai bentuk buahnya ada yang lonjong, bulat serta ada berduri rapat, berduri jarang, dan warna nya pun berbagai macam.

Durian

Durian, Durio zibethinus
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Durio
Spesies: D. zibethinus
Nama binomial
Durio zibethinus
Rumph. ex Murray
Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio.[1] Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). (Sumber wikipidia.) 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT