Menanam Nenas dalam polibag/pot

Infotanikatingan.blogspot.co.id
     

       Nenas adalah tanaman buah yang dapat tumbuh pada hampir disemua jenis tanah, seperti tanah lempung, lempung berpasir, tanah pasir, liat, vudsolik merah kuning, aluvial, tanah gambut (asam)
      Nenas adalah tanaman sumber vitamin dan kaya serat sehingga baik sekali dikonsumsi baik yang dimakan langsung atau dibuat selai nenas. Dengan rasa yang manis agak sedikit asam....rasa yang waooooo.....
      Nenas yang mampu beradaftasi dengan semua jenis tanah , namun walaupun demikian nenas juga tidak baik jika tanah terlalu ber-air atau tanah becek sebab nenas akan busuk pada akarnya, sehingga tanaman ini baik jika porositas atau rongga pada media tanah yang banyak akan memudah  dan akan memperlancar air keluar dari media tumbuh.

       Pada kebanyakan tanaman nenas sangat tumbuh baik pada tanah yang bergambut , asal gambut kering dan sedikit berpasir.
      Pada tanah dengan kondisi lempung berpasir nenas mempunyai pertumbuhan yang baik dan rasa buah, kadar air yang tidak terlalu banyak sehingga rasa buahnya manis dan mantap.
       Dalam budidaya nenas dilahan tidak lah terlalu sulit karena selain tanaman ini tidak terlaIu rakus unsur hara seperti tanaman lain, walaupun tidak dipupuk tanaman ini tumbuh saja, tapi alangkah baiknya jika di pelihara dengan pembersihan gulma disekitar tanaman, pemupukan dan pencegahan hama dan penyakit nenas.  
       Tanaman nenas pada umumnya tahan terhadap serangan hama dan penyakit, hampir tidak terlihat serangan hama dan penyakit.
      Tanaman nenas diperbanyak secara vegetatif melalui Mahkota buahnya , yang dipotong, lalu dibersihkan sedikit daunnya kemudian ditanam baik dilahan atau pot atau polibag.
     Jika ditanam dipolibag sebaiknya polibag yang cukup besar agar akar tanaman nenas tumbuh leluasa sehingga mampu berbuah.
      Walau dalam pot atau polibag nenas akan tumbuh dan mampu berbuah apalagi jika di pelihara baik dan diberi pupuk baik pupuk anorganik dan pupuk organik.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT