cara perbanyakan tanaman kelengkeng dengan stek dahan

Cara Perbanyakan Tanaman  kelengkeng  Secara Stek dahan

        Cara memperbanyak bibit kelengkeng ada beberapa macam. Mulai dari menggunakan biji, cangkok, okolasi, sambung dan dengan  teknik stek misalnya. Teknik menanam dahan ini bisa menjadi alternative bagi anda yang ingin memperbanyak bibit kelengkeng dengan kualitas seperti indukannya. 
          Apabila anda hendak memperbanyak bibit kelengkeng menggunakan teknik stek, sebaiknya pada saat melakukan teknik stek, anda piilih dari pohon kelengkeng yang sudah berbuah, dahan tidak mengeluarkan pucuk baru (dorman) Hal ini untuk berjalannya stek dengan baik, dan pada dahan tersebut sudah menyimpan karbohidrat tinggi untuk nutrisi pohon selama proses pembentukan akar. Gunakan dahan dengan diameter minimal 1 cm sepanjang 15 - 20 cm yang memiliki mata tunas kurang lebih 3-4 buah. dengan menggunakan teknik stek sangat penting akar tumbuh terlebih dahulu.

  Pada cara perbanyakan secara stek dahan kita akan melakukan pemotongan pada pangkal dahan dan runcingkan setelah itu buatlah sayatan memanjang kiri dan kanan sepanjang 5 cm, lalu buang lah sebagian daun hanya menyisakan satu helaian daun tiap ranting yang berfungsi mengurangi penguapan dari dahan yang distek.


     Setelah dahan sudah siap lalu oleskan perangsang akar yang berguna untuk menjaga agar dahan yang disayat tidak infeksi dari jamur, dan didapatkan hasil stek yang akan berakar.

   Stek dapat dilakukan dengan cara stek dengan di sungkup baik sungkup kumonal secara besar maupun disungkup dengan plastik putih, agar kelembapan dapat terjaga. Maupun dengan stek tanpa sungkup yang hanya menancapakan dahan stek kemedia tanah, taruh ditempat sejuk ternaungi dari terik matahari secara langsung.
    Siram stek pagi dan sore jika tidak hujan.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT