Buah Rotan Atau Buah Uwei

      Rotan adalalah tanaman merambat biasa tumbuh di daerah berair atau dekat dengan sungai.
     Tanaman Rotan biasanya tumbuh merambat dengan batang nya di lapisi dengan selaput berduri tajam.
     Rotan termasuk kategori tanaman hutan tetapi dibudidayakan atau ditanam oleh masyarakat. Tanaman rotan di kalimantan tengah banyak di temukan di tanah aluvial atau tanah endapan yang kaya akan humus.
    Rotan tumbuh merambat di batang batang kayu yang tinggi biasanya kayu hutan yang tumbuh liar dan dapat beradaptasi dengan tanaman rotan.
     Dalam batang tanaman rotan ada ditemukan buah rotan jika saat rotan yang sudah tua dan saatnya berbuah. Buah rotan biasanya rasanya sepat, dan jika dimakan  maka warna gigi si pemakan buah rotan akan berwarna hitam.
   Rotan juga mempunyai umbut rotan dalam bahasa lokal biasanya menyebutnya .umbut rotan adalah di dapat dari dekat batang bawah yaitu dekat dengan tanah dan batang yang masih muda, rasanya agak pahit, kaya akan serat, dan walau agak pahit tapi enak dimakan sebagai sayuran.
       Rotan biasanya dalam bahasa dayak adalah uwei.
Rotan juga sebagai penyangga hutan dalam menjaga kelestarian ekosistem alam dan flora and fauna, sehingga rimbunnya hutan karena rotan sangat baik karena bersifat daerah resapan air.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT