DURIAN KATINGAN BESERTA RAGAM VARIETASNYA


Kabupaten Katingan memang kaya akan buah durian,  serta mempunyai varitas durian yang begitu terkenal hingga di buru dari daerah lain,  selain dimakan langsung,  durian juga bisa dibuat tempuyak dan dodol durian,  yang rasanya enak dan disukai masyarakat kalimantan sebagai bahan penambah rasa pada saat memasak ikan berkuah dicampur tempuyak.
Kabupaten Katingan sangat terkenal dengan Sumber Daya Genetiknya dengan Duriannya, mulai dari kecamatan Tasik Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah,     Sanaman Mantikei, Petak Malai, Marikit, Katingan Hulu dan Bukit Raya.
Setiap tahun  panen raya berkisar jatuh pada bulan Januari - Maret, tetapi tiga tahun terakhir ini panen buah durian hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Katingan sudah tidak menentu lagi, panen buah durian bisa di bulan Juli - September kemudian disambung lagi bulan Desember - Februari dan sebagian wilayah kecamatan ada yang panen kembali di bulan Maret - April, mungkin kondisi ini di pengaruhi oleh musim yang tidak menentu.  Adapun Durian Katingan tersebut adalah:
                                                                                   
DURIAN GELAPIR

Merupakan salah satu dari ribuan jenis varietas lokal yang sudah dilepas oleh Kementerian Pertanian dengan lampiran keputusan Menteri Pertanian Nomor 087/Kpts/I.B.240/8/2004
tanggal 5 Agustus 2004.
Durian ini memiliki rasa manis legit berserat halus, warna daging kuning krem dengan ketebalan daging buah berkisar 0,8- 1 cm dan berat buah 2,5 - 3,5 kg. durian ini berasal dari Desa Pendahara Kecamatan tewang Sangalang Garing, dengan pemilik pohon Bapak Yuteri.

DURIAN UNDANG
Durian yang satu ini terkenal dengan namanya yang sering disebut-sebut sebagai durian favorit katingan bahkan kabupaten lain di provinsi Kalimantan Tengah mengenalnya.
Durian ini sudah didaftarkan ke Pusat perlindungan VarietasTanaman (PPVT) Kementrerian Pertanian dengan Tanda Daftar Nomor 45/PVL/2013 Tanggal 2 Juli 2013.
Memiliki bentuk buah bulat telur, berat buah 2-3 kg, warna daging kuning dengan spot orange, ketebalan daging 0,9-1,2 cm, rasa manis dan berserat lembut,  pemilik pohon Bapak Gunarso dari Pendahara.
DURIAN LAGAS
Durian Lagas namanya, dengan bentuk buah bulat, berat buah 1,7-2,7 kg, warna daging krem kekuningan, ketebalan daging buah 0,8-1,3 cm, rasa  daging manis berserat agak kasar, pemilik pohon ini adalah Bapak gunarso dari Pendahara.
Durian ini sudah didaftarkan ke PPVT Kementerian Pertanian dengan Nomor 48/PVL/2013 pada tanggal 2 Juli 2013.
DURIAN UBUYU
Durian Ubuyu diambil dari nama pemilik pohon nya yaitu Bapak Buyu, berasal dari desa Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing.
Durian ini sangat jarang dijumpai di daerah katingan yang memiliki warna daging orange, dengan berat buah 2,5-3 kg, ketebalan daging 0,8-1,1 cm, rasa daging manis agak pahit berserat lembut.
Durian ini sudah didaftarkan ke PPVT Kementerian Pertanian dengan Nomor 46/PVL/2013 Tanggal 2 Juli 2013.
DURIAN LUNEK
Pemilik Pohon ini Bapak Ibet D Jinu, berasal dari Desa kuluk Bali Kecamatan Pulau Malan.
Durian ini sudah didaftarkan ke PPVT Kementerian Pertanian dengan Nomor48/PVL/2013 tanggal 2 Juli 2013. dengan deskripsi bentuk buah bulat, berat buah 1,5-2 kg, warna daging kuning, ketebalan daging 0,8-1,1 cm, rasa daging buah manis agak pahit berserat.
DURIAN TAHATUNG

Asal dari Desa Telangkah, Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, pemilik pohon Ijay.
Bentuk buah bulat tidak beraturan, warna daging buah kuning cerah, rasa daging buah manis legit.
DURIAN LUMUT

Berasal dari Desa TumbanLiting Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan, Pemilik Pohon Markano.
Bentuk buah bulat panjang tidak beraturan, warna dading buah krem putih kekuningan, rasa manis legit.
DURIAN KALASI

Berasal dari Desa Tumbang Terusan Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan, nama pemilik Ibu Raniyah.
Bentuk Buah Bulat lonjong, warna daging putih spot kuning, rasa daging manis legit agak pahit berserat sedang.
DURIAN ARIFANI

Berasal dari Desa Pendahara Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katigan, Pemilik Arifani.
Bentuk buah bulat panjang, warna daging kuning cerah, rasa daging manis legit berserat lembut.
DURIAN SALOMO

Berasal dari Desa Tewang Rangkang Kecamatan Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan, pemilik Bapak Perlis.
Bentuk buah bulat

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT