Bertanam padi ladang beserta kearifan lokal dalam menjaga nilai gotong - royong


This is your very first post. Click the Edit link to modify or delete it, or start a new post. If you like, use this post to tell readers why you started this blog and what you  with it.

Sedang yang dimaksud tegalan ialah tanah kering yang terletak di sekitar daerah pemukiman (desa), biasa juga masyarakat menamannya di kawasan hutan yang masih virgin / hutan alami , yang masih dipenuhi pohon yang lebat.

 Cara pengolahan lahannya sebagai berikut : dibersihkan dari semak belukar dengan cara tradisional , karena adanya sesuatu dan lain hal sehingga cara tradisional bertanam padi ladang sekarang ini agak berkurang dilakukan karena adanya ketentuan pelarangan pembakaran lahan yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan, apabila dalam pelaksanaan pembersihan dan pembakaran tidak di jaga dengan baik. 

Lahan kering atau tegalan yang karena keadaannya sehingga tidak dapat diubah menjadi sawah. Penanaman padi sistim padi ladang di jumpai di kalimantan.

Beberapa tahapan cara budidaya padi gogo atau padi ladang

A.    Pembersihan lahan
        Meliputi pembersihan semak belukar dan pohon kayu , dengan mesin pemotong (chainsaw), parang, dan peralatan lainnya.


B.     Pengolahan Tanah
   Dalam kebiasan bertanam padi ladang sering dijumpai tidak menggunakan pengolahan tanah, sebab batang kayu dan pohon hasil tebangan tak memungkinkan untuk dilakukan pembajakan, serta tanahnya pun masih subur.


     pengerjaan pembersihan lahan biasanya akhir tahun pada musim tanam (ok - mar)  Oktober - Maret .

C.    Penanaman
       penanaman padi ladang adalah memasuki  awal musim hujan atau pada akhir musim kemarau.


Pada penanaman padi ladang penggunaan biji yang akan ditanam harus diperhatikan, sebaiknya dipakai bibit unggul lokal, misalnya inpago, cirendah, sitobagentid dan macam macam.varitas unggul lokal lainnya. Walaupun benih yang dipakai sudah merupakan unggulan, namun sebaiknya bibit itu harus dipilih lagi sehinggas diperoleh bibit yang betul-betul baik.


D. cara penanaman
     Dengan menggunakan tugal, biasanya dilakulan secara gotong royong secara bersama sama dalam suasana keakraban dan kearifan lokal, dalam satu lubang tugalan di isi 4- 5 benih padi, dengan penggunaan benih dalam luasan hektar.bisa mencapai 60 - 75 Kg / Ha.
Demikian sekilas Info tani bertanam padi ladang, semoga bermanfaat.


Tani Katingan Borneo

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT