Cara Memperbanyak Amggrek Hitam Dari Tunas Akar

Cara memperbanyak Anggrek Hitam dari tunas akar.

Langkah-langkah memperbanyak Anakan Anggrek Hitam Borneo 


1. Rumpun anggrek dipisahkan dari potnya, apabila akar anggrek masih bercampur tanah dan susah dilepaskan dari potnya, maka rendam pot anggrek di dalam air selama beberapa menit, kemudian bersihkan tanah yang melekat di akar anggrek, cabut secara perlahan dan lepaskan akar dari potnya. Kemudian cuci bersih bagian akar anggrek hingga bersih dari tanah .

2. Potong rumpun anggrek hitam borneo menjadi 3 bagian, usahakan untuk membuat luka atau sayatan seminim mungkin agar tidak mengakibatkan infeksi. 

3. Oleskan iodine atau fungisida pada luka bekas potongan agar jamur tidak tumbuh dan mengganggu pertumbuhan calon rumpun baru 
 
Cara memperbanyak Anggrek
sumber gambar : candiorchid.com

4. Tanam anggrek yang sudah dipotong tersebut dengan posisi Pseudobulb (Tanaman anggrek muda di dalam rumpun) menghadap ke tengah pot. Hal ini gunanya agar mempermudah tanaman muda tumbuh lebih cepat karena pada pangkal tanaman anggrek muda tersebut biasanya terdapat 2-4 mata tunas baru.

5. Jangan meletakkan hasil perbanyakan tanaman anggrek ini langsung terkena cahaya matahari. Biarkan di tempat teduh agar tanaman beradaptasi dengan media dan potnya. 

6. Lakukan penyiraman secara berkala, sesuai kebutuhan.

Video Cara Perbanyakan Anggrek Hitam Borneo



Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT