Cara Perbanyakan Tanaman Mangga

Info Pertanian.

Tanaman Mangga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, karena tanaman buah ini memang banyak di sukai masyarakat baik yang di makan langsung atau di olah jus.

Mangga merupakan buah kaya akan vitamin dan kaya akan serat sehingga dikonsumsi sangat bagus bagi kesehatan terutama kandungan unsur vitamin dan bagus untuk pencernaan.

Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan

Buah Tropis yang digemari dan populer ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan kita diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung dalam buah Mangga dapat mencegah dan mengurangi risiko penyakit kanker kolon, payudara, leukemia dan prostat. Senyawa-senyawa dalam buah mangga tersebut diantaranya adalah quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam gallic dan methylgallat.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Mangga merupakan buah yang kaya akan Beta Karoten yaitu salah satu Karotenoid yang sangat kuat. Beta Karoten ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya tahan terhadap bakteri dan racun. Kelebihan Beta Karoten akan ditransformasikan menjadi Vitamin A yang juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merugikan sistem internal tubuh kita.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Mangga mengandung Vitamin K yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Kekurangan Vitamin K dapat dikaitkan dengan meningkatkannya risiko patah tulang. Vitamin K juga penting untuk penyerapan kalsium yang tepat. Seperti yang kita ketahui Kalsium merupakan nutrisi utama bagi tulang kita. Buah Mangga sendiri juga mengandung Kalsium yang penting bagi kesehatan tulang.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Salah antioksidan penting yang dikandung oleh Buah Mangga adalah antioksidan Zeaxanthin. Antioksidan zeaxanthin ini berfungsi untuk menyaring sinar biru (blue light rays) yang berbahaya bagi kesehatan mata. Antioksidan zeaxanthin ini juga melindungi mata dari degenerasi makula yang terkait dengan usia. Degenerasi makula ini dapat merusak makula yang pada dasarnya adalah bagian mata yang meberikan penglihatan yang tajam dan jelas. Buah Mangga juga mengandung Vitamin A yang dikenal sebagai Vitamin penting bagi kesehatan Mata.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Buah Mangga mengandung Magnesium dan Kalium (Potassium) yang dapat secara efektif mengendalikan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut dengan “Silent Killer (pembunuh diam-diam)” karena seringkali tidak memiliki gejala yang jelas. Perlu diketahui bahwa, Tekanan darah tinggi merupakan penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke.

6. Menghindari penyakit Asma

Orang-orang yang mengkonsusmi gizi atau nutrisi tertentu dapat menghindari penyakit asma. Buah Mangga yang kaya akan Beta Karoten dapat bertindak sebagai obat alami untuk mencegah dan mengobati asma. Seperti yang kita ketahui bahwa Asma terjadi karena peradangan pada saluran pernapasan yang mengakibatan penyempitan sementara pada saluran pernapasan yang mengangkut udara dari hidung atau mulut ke paru-paru sehingga menyebabkan kesulitan bernapas, batuk, sesak dada bahkan mengakibatkan kematian.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Mangga mengandung Pektin (Pectin) yang tinggi dan serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Selain itu, buah mangga juga mengandung sodium, potasium (kalium) dan Vitamin B yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebagai pengetahuan, Pektin (Pectin) adalah karbohidrat kompleks alami yang ditemukan pada dinding sel semua tumbuhan dengan jumlah bervariasi.

8. Mengatasi dan Meringankan Sembelit

Sebuah Mangga yang berukuran rata-rata memiliki hingga 40% kebutuhan Serat harian tubuh kita. Serat dapat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan kotoran sehingga dapat membantu memperlancar saluran pencernaan dan dapat bertindak sebagai obat alami untuk sembelit.

9. Meningkatan Kesehatan Otak

Buah Mangga dapat dianggap sebagai salah satu makanan untuk otak yang hebat, buah mangga mengandung Vitamin B6 (Piridoksina) yang bermanfaat untuk memelihara fungsi Otak. Vitamin B6 dan Vitamin B lainnya sangat penting untuk menjaga kesehatan  neurotransmiter otak dan juga membantu dalam mendukung suasana hati yang sehat dan pola tidur yang sehat.
Tanaman mangga selain bisa di budidayakan di lahan juga bisa di budidayakan di dalam pot atau tabulamput,  tabulampot tanaman mangga sudah bisa di lihat mampu berbuah,  tanaman tabulampot mangga yang baik adalah hasil perbanyakan dengan cara stek,  cangkok susu.

Bagaimana cara perbanyakan tanaman mangga dari stek :

Langkah - langkah cara stek tanaman mangga adalah sebagai berikut :

1. Pilih tanaman mangga yang sudah berbuah dan kayu agak keras.
2. Potong dan ambil dahan yang berukuran agak besar dengan diameter minimal ukurannya 5-7 cm.
3. Pilih dahan atau batang yang agak keras dan berkayu.
4. Potong dahan bagian ujung dengan gunting stek atau gergaji kayu.
5. Dahan bagian pangkal yang akan di tancapkan ke tanah buat meruncing.
6. Buat lah sayatan sayatan mengupas kulit luar dari dahan pangkal untuk memudahkan akar tumbuh.
7. Oleskan zat perangsang akar atau zpt dari bahan alami misal nya bawang merah yang sudah di persiapkan dengan kadar air bawang yang banyak.
8. Siapkan media stek dari gelas,  polibag,  dan media lainnya.
9. Usahakan media jangan dikasih pupuk kandang sehingga tidak berjamur dan mengandung hama.
10. Setelah dahan stek di tancapkan kemedia polibag,  gelas plastik , tanah di sekitar dahan stek di padatkan agar padat dan dahan tidak bergoyang,  agar jika akar tumbuh maka,  tidak akan merusak akar.
11. Sungkup atau tutup dengan media plastik transparan kesemua media stek agar menjaga kelembapan dan rotasi ruang air dan udara di dalam tetap lembab dan mengandung air untuk menghindari tanah media stek tetap basah.
12. Taruh media stek tadi di naungan bisa dari bahan paranet atau tempat teduh.
12. Tunggu sampai 3-4 minggu stek akan bertunas dan keluar akar,  baru bisa dipindahkan ke ruang terbuka dengan tetap menjaga agar matahari terik tidak langsung mengenai media stek.

Stek Tanaman Mangga Di dalam Bix Glass


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT