Teknik Pengeringan Bawang Untuk Bibit Kembali

Info tani>>Bawang merah >>
Bagi Para Petani Ilmu Pertanian itu sangat berarti dan mahal nilainya sebab dengan Pengetahuan, Informasi dan Teknologi Maka Sesuatu pekerjaan bertani atau berkebun akan menjadi berhasil dan bermanfaat dalam hal petani berbudidaya tanaman.
Kita akan bahas disini adalah tentang hal berbudidaya bawang merah.
Bawang Merah sekarang ini menjadi fokus Pemerintah dalam hal produksi dan Produktifitas nya karena merupakan bahan pangan pokok yang sering mengalami inflasi sebab tidak jarang petani bawang bisa gagal panen karena berbagai sebab dari pengaruh alam, cuaca dan iklim.

Maka bawang merah menjadi suatu program fokus juga oleh pemerintah untuk menjadi kan swasembada dan menekan impor. Bawang bagi masyarakat adalah sangat dibutuhkan terutama ibu - ibu didapur untuk memasak masakan tak ketinggalan yang namanya bawang merah sebagi bumbu suatu masakan.
Nah bagai mana tentang budidaya bawang dan pembenihannya, kita akan ulas tentang cara pengeringan bawang untuk dijadikan bahan benih kembali agar benih tidak beli untuk menekan biaya petani dalam pembudidayaan bawang merah.



Petani menyimpan bawang merah yang telah kering dengan cara menggantungkan bawang di bawah atap seng sehingga panas atap senga akan mengurangi atau mengringkan kadar air dari bawang merah.

Dengan cara ini bawang merah dapat disimpan sampai 6 bulan tanpa mengalami serangan penyakit dan pembusukan. Langkah tersebut juga di tempuh oleh sebagian besar pelaku pembibitan untuk mendapatkan bibit bawang merah yang tahan terhadap penyakit.

Hasil penelitian Laboratorium Lembaga Penelitian Hortikultura di Yogyakarta, dengan tujuan yang sama bawang merah dapat disimpan secara di gantung di dalam ruang terbuka pada suhu 26 - 29°C dengan kelembaban udara relatif 70 - 80%.

Hasil Pengeringan dan Penyimpanan bawang merah selama kurang lebih  6 bulan, bawang ini lah yang akan ditanam dan dijadikan benih kembali.
Demikian cara pengeringan bawang semoga ada manfaatnya.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT