Budidaya Buah Naga di Dalam Pot Drum

Sekilas Morfologi tentang buah Naga.
                  Pot buah naga
Buah naga adalah salah satu buah yang sedang populer. Buah naga rasanya manis dan berair, serta lembut dagingnya. Selain itu buah naga juga sangat mudah untuk ditanam, tak perlu gunakan teknik khusus yang ribet dan menyusahkan. 

Buah naga yang bahasa Inggrisnya Pitaya ini adalah buah dari kaktus marga Hylocereus dan Selenicereus. Asalnya dari Meksiko, namun kemudian dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Filipina, Vietnam, Malaysia dan tentu saja Indonesia. Tetapi buah ini juga bisa ditemukan di Tiongkok Selatan, Okinawa dan beberapa negara tropis lain.

Tanaman ini dibawa orang Perancis ke Vietnam sebagai tanaman hias tahun 1870, namun kemudian orang Vietnam dan orang Cina menganggap buahnya membawa berkah karena warnanya yang merah mencolok, buah ini juga sering dijadikan sajian di altar. Apalagi rasanya yang manis, berair dan mengenyangkan, sangat cocok dengan filosofi hidup yang sejahtera. Pohonnya yang tidak rewel perawatannya juga menjadi pertimbangan sendiri kenapa bisa dijadikan buah yang dinilai penuh berkah.

Cara Menanam Buah Naga di Pot

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan jika ingin menanam buah naga, bisa ditanam di kebun atau di halaman rumah yang lega. Akan tetapi jika kita tak memiliki halaman rumah yang lega, maka kita hanya membutuhkan pot saja untuk memiliki stok buah naga gratis.

Siapkan Pot

Sangat asyik jika kita menanam buah naga di pot karena kita bisa menggunakan pot tersebut sebagai penghias rumah. Untuk pemilihan potnya itu sendiri bisa sesuai keinginan, boleh pakai pot yang berbahan plastik, tanah liat, semen coran atau juga memakai drum bekas yang dibagi dua. Hanya saja untuk buah naga itu sendiri, sangat dianjurkan untuk menggunakan pot dari tanah liat, sebab buah naga itu membutuhkan perubahan suhu yang berbeda (drastis) dari siang ke malam saat mereka sedang melakukan pembungaan. Perlu diperhatikan, semakin besar potnya, semakin bagus. Minimalnya adalah pot dengan diameter 40 centimeter.

Mengisi Pot dengan Media Tanam + Tiang Penopang

Setelah menemukan pot yang pas, maka kita juga harus menyiapkan tiang panjatannya, itu karena buah naga membutuhkan semacam tiang penopang supaya  bisa menahan beberapa cabangnya agar tidak roboh. Jadi nantinya tiang tersebut akan dililiti oleh beberapa pohon sekaligus di proses penanaman pertama mereka. Carilah tiang panjatan yang paling kuat, misalnya saja yang terbuat dari kayu yang kokoh atau menggunakan tiang besi. Setelah itu kita juga harus menyiapkan media tanam untuk memulai penanaman, yang harus disiapkan adalah tanah subur, pasir kering, dan juga kompos, pastikan memiliki perbandingan 2:1:3:1. Kemudian setelah semuanya siap, maka kita harus menyiramnya dengan menggunakan air bersih sampai kondisi jenuh. Jangan dulu dipakai untuk menanam buah naga, pastkan dulu kita membiarkannya semalaman penuh.

Siapkan Bibit Unggul

Beralih pada pemilihan bibit, kita harus mencari bibit yang batangnya sudah tua, dan juga batangnya besar serta kokoh. Pastikan juga batang yang kita pilih tersebut memiliki ketahanan terhadap penyakit dan hama, serta dalam kondisi sehat. Akan jauh lebih baik jika batang yang kita pilih tersebut sudah pernah berbuah sebanyak 3 sampai 4 kali, hal itu untuk mengetahui seberapa bagus bibit tersebut memproduksi buah naga. Hal ini juga dimaksudkan supaya kita bisa lebih cepat panen buah, dan produkstivitasnya juga sudah bisa ketahuan.

Proses Penanaman Bibit

Untuk ukuran bibitnya, setidaknya siapkan yang panjangnya 30 cm dan bibit tersebut kemudian ditanam dalam pot yang telah dimasukkan medianya, tanamkan sedalam 10 cm. Setelah bibitnya ditanam, tekan-tekan sedikit tanahnya supaya bibitnya kokoh dan tidak roboh. Jika sudah berdiri tegak maka kita bisa menyiramnya dengan air bersih, letakkan pot tersebut di tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari langsung.
Pemupukan dan Pemeliharaan
Dalam pemupukan buah naga ada baiknya kita gunakan pupuk kotoran kambing karena dapat bertahan lama tidak mudah cepat habis unsur haranya kena air hujan, sifat pupuk kandang cendrung menggemburkan tanah sehingga tanah akan gembur dan subur terus.selain pupuk kandang bisa juga gunakan pupuk mejemuk lengkap sebagai penambah nutrisi unsur hara yang di butuhkan tanaman buah naga, jika awal tanah diberikan pupuk N, setelah agak besar berilah pupuk TSP dan K (kalcium) berguna untuk mempercepat pembunggaan dan berbuahnya tanaman buah naga.
Pemeliharaan
Jika sudah mulai merambat dan agak tinggi ikat tanaman buah naga ke tiang penyangga agar tumbuh lurus sampai ke bagian atas yang dikasih dengan ban sepeda motor agar dapat menopang batang untuk menjuntai di bagian ban.



Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT