Kelompok Tani Desa Karya Unggang Manfaatkan peluang berbudidaya cabe

   

    Pembangunan Sektor Pertanian adalah Merupakan Nawacita bapak Presiden RI saat ini, Dimana sektor Tanaman Pangan  adalah salah satu prioritas Program Pemerintah RI tentang Swasembada pangan, daging dan Program Pajale (padi, jagung dan kedelai) selain itu juga sektor tanamaman Horticultura pun sangat dibutuhkan seperti tanaman cabe, sebab tanaman ini kadang terjadi lonjakan harga yang tinggi, maka dengan adanya peluang baik tersebut banyak petani yang tertarik dan membaca peluang dengan berkebun tanaman cabe.
Saat ini kelompok tani setia kawan desa karya unggang sedang geliatnya membuka lahan untuk berkebun tanaman cabe dengan menggunakan media plastik sebagai penahan tumbuhnya gulma.

Saat waktu wawancara kami dengan salah satu ketua kelompok tani setia kawan desa karya unggang bapak M.Patoni, SH beliau mengatakan salah atu Kendala yang juga dihadapi petani adalah air untuk itu penggunaan mesin pompa sangat dibutuhkan seperti poma robin kecil dan juga alat penggembur tanah seperti cultivator sangat diperlukan.
Walaupun kendala lain seperti kondisi tanah yang berpasir tapi jika dilakukan dengan teknik dan perlakuan pupuk yang banyak dan tepat maka hasilnya akan didapat dengan baik pula.
Saat ini kelompok ini bisa menginspirasi masyarakat tani lainnya untuk dapat berkebun dan berbudidaya tanaman apa saja yang sekiranya bisa menghasilkan bagi pendapatan masyarakat baik individu maupun kelompok

Ada berbagai faktor yang dapat menjadi penyebab gagal panen komuditi pertanian yang satu ini. Seperti faktor lingkungan, faktor kondisi alam dan cuaca, hama dan juga gulma. Salah satu faktor peyebab gagal panen yang sering petani jumpai adalah gulma. Gulma adalah sejenis tanaman yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman lain. Salah satu contoh gulma adalah rumput liar. Di antara deretan tanaman cabai pasti sering anda jumpai rumput-rumput liar tumbuh dengan subur. Rumput-rumput liar inilah yang disebut dengan gulma. Keberadaan rumput liar di sekitar tanaman cabai sangat tidak diharapkan karena rumput liar dapat menganggu pertumbuhan tanaman cabai.
Selain itu rumput liar juga akan mengambil nutrisi dari dalam tanah yang seharusnya di gunakan oleh tanaman cabai. Jadi ketika rumput liar tumbuh berdampingan dengan tanaman cabai maka akan terjadi perebutan nutrisi dari dalam tanah oleh tanaman cabai dan gulma atau rumput liar.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT