(Menugal) Bertanam Padi Ladang

Tani katingan. Blogspot. Com.
Tanaman pangan>>padi
           Bertanam padi ladang dalam bahasa dayak adalah Malan, merupakan tradisi bercocok tanam padi di lahan kering dengan membuka lahan yang masih subur ditumbuhi semak dan rumput serta pohon kayu besar dan kecil, kemudian di tebang dan dibersihkan dengan cara di bakar, namun seiring sering terjadinya kebakaran lahan hal ini dilarang pemerintah, maka pembakaran lahan tidak berani dilakukan.
      Untuk membuat pupuk alami dari abu hasil bakaran petani ladang hanya membuat gundukan gundukan kecil dan ditumpuk di titik tertentu secara tersusun dan dibakar secara bertahap akan tidak merembet ke belukar lainnya dan dijaga... Jadi hanya pembakaran secara teratur.
        Dalam tradisi menugal peladang menanam padi dengan tugalan yaitu kayu keras yang dibuat runcing ujungnya menyerupai tumbak dan dipakai sebagai alat membuat lobang tanam benih padi. Dalam jarak 10x10 cm dan diisi benih padi lokal sekitar 5-10 biji benih padi.
    Awal musim tanam biasanya jatuh pada bulan oktober dan panen bulan maret.
     Dalam hasil produksi panen gabah biasanya 1,5 -2,5 klg/ Ha.
     Cara memanennya biasanya hanya menggunakan anai anai yaitu alat panen yang dibuat dari kayu papan dan dimasukan pisau kecil atau silet untuk memotong tangkai padi.
       Dalam tradisi menanam padi ladang dikenal dengan istilah handep yaitu saling gotong royong dan membantu satu sama lainya dalam masa menaman (menugal)....

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT