Petani padi Pendahara kec. Twg s garing mulai awal musim tanam padi

   Info Tanikatingan.blogspot.co.id/19/9/2017

    News update.Info.seputar tanaman pangan.
        Sejumlah petani padi di wilayah pendahara, kec. Twg S Garing,  kab. Katingan sudah mulai menanam/ menyemai benih padi untuk selanjutanya akan setelah umur tanaman 21 hari akan di pindahkan ke lahan sawah.
      Dalam awal musim tanam periode oktober - maret (ok-mar), namun pada tahun ini sejumlah petani juga khawatir jika sewaktu penanaman dan sesudah tanam akan datang banjir.
    Dalam tahun ini dari bulan juli sampai bulan september ini banjir melanda kawasan kabupaten katingan dari wilayah hulu seperti kecamatan bukit raya, katingan hulu,  marikit,  petak malai, sanaman mantikei,  katingan tengah,  pulau malan,Tewang S garing,   katingan hilir, tasik payawan dan kecamatan kamipang tak luput kena dampak banjir,  yang dalam kurun waktu ini sudah beberapa Kali air dalam dan banjir.
         Dalam musibah banjir tahun ini sejumlah kawasan lahan sawah yang di rencanakan untuk penanaman 2 kali setahun tak luput terendam banjir,  semula sawah sawah baru sudah di tanam dengan sistim tabur,  tapi karena lahan kebanjiran sehingga banyak benih padi hanyut terbawa arus air yang dalam.
      Semoga saja memasuki awal tanam ok mar ini banjir tidak datang lagi sehingga petani Bisa menanam padinya dengan aman dan tak khawatir lagi.

     Di sistim tanam padi sawah di kenal dengan istilah persemaian benih padi,  sebelum dipindahkan ke lahan sawah.

        Dalam istilah Bahasa dayak katingan dikenal dengan nama " Tapal " yaitu menyemai padi untuk persiapan ditanam di lahan sawah " ,  dalam bahasa dayak bakumpai dikenal dengan istilah tangkarunuk.

     Semoga musim tanam ok mar tahun ini awal penanaman di lahan sawah nanti air tidak banjir lagi.....

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT