Skip to main content

Pengaruh Musim, Iklim, Cuaca dan Paradigma dalam pola tanam padi

Pola Tanam Padi Dua kali dalam setahun serta Kendala dan Pengaruh cuaca dan iklim, Alam dan tradisional petani

 

    Dalam Sistim pola tanam padi di bidang pertanian khususnya sistim tanam padi lahan tegalan atau lahan kering serta sistim tanam padi sawah.
      Dalam sistim tanam padi ladang , kita mengenal sistim ini penanaman padi hanya satu kali dalam setahun,  pola tanam Padi seperti ini sudah sejak zaman nenek moyang terdahulu sudah mengusahakan tanam padi ladang atau padi lahan kering dengan menggunakan tugal.
    Pola tanam tugal atau padi ladang tidak hanya sebab perilaku masyarakat tani pedalaman kalimantan yang berpola seperti ini tapi lebih disebabkan karena pengaruh iklim,  cuaca dan alam,  kenapa Seperti itu sebab dalam satu tahun awal musim hujan jatuh pada bulan oktober sampai maret karenanya dalam sistim tanam ini Petani pedalaman memanfaatkan hujan alami atau air hujan dalam masa pertanaman atau masa Pertumbuhan padi ladang karena lahan kering serta biasanya di tanam Dilereng bukit dan lahan datar dan tidak termasuk dalam wilayah pasang surut air laut meskipun jika dibuat irigasi hal ini juga kurang bisa termanfaatkan sebab sumber Air hanya mengandalkan musim Hujan untuk mengisi saluran,  jika musim Kemarau parit - parit atau saluran sekunder irigasi juga akan kering Berbeda dengan lahan atau wilayah yang diatasnya ada bukit sehingga bisa dibuat irigasi teknis dengan membuat galian atau waduk penampungan,  ini juga tidak berlaku didaerah lahan datar,  jika berbukit juga ditemukan diwilayah hulu tetapi struktur tanah dan jenis tanah juga tak sesuai untuk tanam padi sawah dengan tanam 2 kali setahun.
   Dalam Program Kegiatan Percepatan Dan Swasembada beras Nasional adalah suatu harapan untuk penanaman 2 kali dalam setahun.
          Pengelolaan padi menghendaki sistim pola tanam dua kali dalam setahun,  tetapi tidak bisa kita merubah faktor Alam seperti banjir setiap tahun dan musim Kemarau , dalam masa tanam oktober - maret juga sering terjadi banjir untuk wilayah hulu atau pada wilayah yang masih potensi lahan banjir sebab alam punya pengaruh besar dalam sistim tanam padi.
  Untuk wilayah hulu yang tidak kena pasang surut,  banjir merupakan kendala pola tanam 2 kali dalam setahun,  wilayah ini dikenal Dengan topografis tanah yang rendah, agak bergambut dan tanah yang asam.
  Faktor lain nya juga masih menjadi kendala seperti tanah sawah yang irigasinya masih irigasi tadah hujan,  bukan irigasi teknis seperti wilayah pasang surut Tanah sawah yang  Masih baru dibuka sehingga belum maksimal untuk di tanam.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

JAMUR ALAMI KHAS KALIMANTAN TUMBUH MUSIMAN SAAT PENGHUJAN DENGAN RASA NAN LEJAT

JAMUR ALAMI KHAS KALIMANTANJamur atau Istilah kerennya dalam bahasa Dayak yaitu Kulat Bantilun atau Kulat siau, Umumnya kuaat Bantilung atau kulat siau akan tumbuh dan muncul pada saat awal awal musim penghujan yang Intensitas Hujannya sangat Tinggi, Biasa nya Kulat ini tumbuh pada daerah atau lokasi tanah dengan tingkat kelembapan dan kesuburan yang sangat tinggi dengan  PH basa Berkisar 6 -7 , Tumbuh dan berkembang pada lokasi t tertentu yang hutan nya sangat lebat atau semak belukar , dengan intensitas matahari kurang bisa menebus ke lokasi tersebut, biasanya ditemukan dibawah pohon – pohon Karet serta pohon Durian yang Rindang dengan dedauanan kering menutupi permukaan tanahnya,serta diisekitar pohon bamboo, pohon Rambutan, dan pohon alami yang sangat rindang dan lembab,  sehingga dibawah pohon dan daun –daun kering tersebut terdapat tumbuhnya kulat bantilung atau kulat siau,
Beberapa jenis kulat ini ada beberapa jenis dan warna serta teksturnya : Ada Kulat Bantilung dengan warna…

BUAH LANGKA DAN DIAMBANG KEPUNAHAN RUKAM TANAMAN BUAH KHAS INDONESIA (Flacourtia Rukam Zoll & Mor)

Tanaman Rukam /Rukem, atau Buah Rukam, sudah jarang ditemukan serta menjadi tanaman langka baik di pedalaman maupun di Indonesia secara umumnya, Barang kali diantara kita ada yang masih pernah melihat atau belum pernah melihat tanaman serta buah rukam ini. Buah Rukam atau Rukem, biasa masyarakat kalimantan menyebutnya, merupakan tanaman asli Indonesia. Pohon Rukam yang dalam bahasa latinnya Flacourita Rukam,Rukam tersebut mempunyai rasa asam kecot/ nano-nano, warna buah sewaktu muda berwarna hijau, masaknya berwarna kemerah-merahan.Merupakan tanaman atau tumbuhan yang mulai langka di Indonesia, waktu kecil saat itu saya masih anak – anak sekolah Dasar masih melihat adanya pohon Rukam di pekarangan rumah tetangga saya, sudah hampir 35 tahun saya tak pernah lagi melihat adanya pohon rukam ini.
Dalam ingatan saya dan pernah melihat secara langsung pohon ini cukup tinggi bisa mencapai 20 meter, dan cabang biasanya berlekok-lekok, atau bengkok. Pada Batang Rukam terdapat duri-duri yang ta…

PERAN PENTING KETERSEDIAAN AIR SERTA MANFAATNYA DALAM SISTIM TANAM PADI SAWAH

Info tani >>tanikatingan.blogspot.com>>15/03/2017A.    PengairanAir memegang peran penting sebagai syarat mutlak bagi pertumbuhan tanaman padi sawah. Masalah pengairan bagi tanaman padi sawah merupakan salah satu factor penting yang harus mendapat perhatian penuh demi mendapat hasil panen yang baik.Air yang dipergunakan untuk pengairan padi di sawah adalah air yang berasal dari sungai, sebab air sungai banyak mengandung lumpur dan kotoran-kotoran yang sangat berguna untuk menambah kesuburan tanah dan tanaman. Air yang berasal dari mata air kurang baik untuk pengairan sawah, sebab air itu jernih, tidak mengandung lumpur dan kotoran.Memasukan air kedalam sawah dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:Air yang dimasukan ke petakan-petakan sawah adalah air yang berasal dari saluran sekunder. Air dimasukan ke petakan sawah melalui saluran pemasukan, dengan menghentikan lebih dahulu air pada saluran sekunder.Untuk menjaga agar genangan air didalam petakan sawah itu tetap, jan…

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT