17 JENIS TANAMAN DAPAT DISTEK


17 JENIS TANAMAN YANG DAPAT DI STEK

Stek   adalah Cara Perbanyakan  Tanaman dengan menggunakan potongan dahan, batang, ranting dari suatu tanaman yang telah berbuah dan berbatang sudah keras dan berkayu.
Masing – masing tanaman itu sendiri ada yang bisa dilakukan perbanyakan vegetative seperti stek namun ada juga yang tidak bisa dilakukan perbanyakan dengan cara stek.
Apa saja ciri – ciri tanaman yang dapat distek :
1.    Berkayu, tanaman dengan batang dan dahan yang agak keras biasanya dapat di stek.
2.    Bergetah, dahan atau batang tanaman yang bergetah diantara kulit kayu dan batang biasanya dapat dilakukan dengan perbanyakan secara stek.
3.    Berkambium, biasanya tanaman yang banyak mengandung cambium dapat dilakukan stek.
Tanaman Apa Saja Yang dapat diperbanyak dengan cara Stek :

1.         Jambu Air, Jambu Air merupakan tanaman yang sangat mudah sekali dilakukan stek sebab tanaman ini batang berair, antara kuli luar da nisi kayu mengandung cambium yang banyak, serta bertekstur agak licin dan lembut hal inilah yang menyebabkan tanaman ini mudah sekali keluar akar walaupun dilakukan perbanyakan secara stek tanpa perangsang akar.


2.    Manga,  Tanaman manga juga dapat dilakukan stek dengans yarat bahwa tanaman yang diambil sudah berbuah, keras, dan ambil yang berdiameter agak besar, karena tanaman manga muda dari batang dan dahan yang muda akan sulit keluar akar.

3.    durian, banyak yang menduga bahwa durian tidak dapat distek, ternyata durian juga bisa distek dengan syarat batang yang  sudah berbuah, berkayu keras, dan jangan gunakan yang batang muda atau ranting muda, namun memerlukan waktu lama sampai berakar bisa 3-4 bulan.

4.          jeruk nipis, jeruk purut, jeruk bali, berbagai jenis jeruk ini juga dapat distek walaupun dahan yang diambil masih muda tapi mampu berakar pada kisaran waktu 1-2 bulan.

5.    Tin,  tanaman tin juga bisa distek dan tanaman ini mudah berakar.

6.      buah  naga,  buah tanaman naga juga mudah distek, dengan cara potong pada bagian kayu antara sekat atau bagian batang naga yang tumbuh akar – akar serabut.


7.     Rosemary tanaman yang bisa di stek rosemary Tanaman yang bisa di stek yang pertama adalah rosemary. Kadang rosemary disebut juga sebagai rosmarin.
            Tumbuhan rempah-rempah ini sering dijadikan bumbu masak atau hiasan dalam masakan. Ciri khas rosemary adalah wanginya yang harum dan rasanya yang lezat.

8.   Mawar Mawar Siapa yang tidak tahu bunga mawar?
            Tanaman hias yang cantik ini ternyata merupakan tanaman yang bisa di stek. Caranya? Sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya: Pertama, pilih batang mawar yang bisa distek. Batang mawar yang dapat digunakan untuk stek adalah batang yang sudah cukup tua. Untuk mengetahui usia batang mawar dapat dilihat dari durinya. Batang yang tua durinya berwarna hitam, batang yang muda durinya berwarna sama dengan batang (hijau atau merah). Kedua, potong batang mawar sekitar satu jengkal. Lalu, tancapkan pada media gabah yang telah dicampur pupuk kandang di dalam polybag ukuran 20 – 30 cm. Satu polybag hanya boleh berisi satu batang mawar, ya. Ketiga, simpan polybag di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Jika cuaca panas sekali, siram batang mawar sehari dua kali, yaitu saat pagi dan sore hari. Tapi, jika cuaca biasa saja, disiram satu kali juga cukup. Batang mawar akan tumbuh setelah 1 – 2 minggu. Mudah sekali, bukan.

9.    nyamuk dan wanginya yang enak. Berikut adalah cara menanam lavender melalui metode stek batang: Siapkan media tanam berupa tanah yang lembab atau tanah yang menggumpal. Lalu, siapkan pupuk kompos (pupuk yang dibuat dari tanaman). Campur kedua bahan ini dengan perbandingan tanah 3 : 1 pupuk.
            Biasanya tanah yang menggumpal ini bisa ditemukan di kebun pisang. Waktu yang bagus untuk mengambil tanah ini adalah ketika sore hari atau ketika suhu udara sudah turun. Tanah yang menggumpal sangat penting dalam masa awal pertumbuhan karena dapat menahan air dan menjaga kelembaban yang pas. Masukkan campuran tanah dan pupuk tadi ke dalam polybag hingga setinggi ±10 cm.
 Basahi tanah tersebuh hingga becek atau hingga Anda bisa membuat bola dari media tersebut. Sekarang waktunya memotong lavender. Gunakan gunting yang tajam, potong batang lavender sekitar 10-15 cm dari pucuknya. Setelah itu, buang daun dan bunga (kalau ada) pada bagian bawah batang, sisakan sekitar 5 cm pada pucuk. Lalu tanam batang lavender ke dalam polybag. Simpan polybag di luar rumah, terkena sinar matahari (secara tidak langsung), dan ternaungi dari hujan.

110. Bunga Aster Bunga Aster 

      Bunga aster adalah bunga yang berasal dari Tiongkok. Bunga yang cantik ini sering   dijadikan hiasan di taman atau halaman depan rumah. Bunga aster tidak berbau, tapi bentuk dan warnanya cantik, sehingga banyak yang menyukainya. 

       11. Bunga Terompet Bunga Terompet
            Pertama, potong dahan atau ranting dari pohon bunga terompet yang sudah tua (berwarna coklat) sekitar 30 cm. Kedua, rendam setengah dari potongan tersebut di dalam air. Simpan di tempat teduh. Setelah 2 minggu, akan muncul kalus (calon akar) dari pangkal potongan yang direndam. Tunggu hingga 4 minggu, lalu potongan pohon bunga terompet pun siap dipindahkan ke tanah.

      12. Cocor Bebek 

Cocor Bebek Cocor bebek atau suru bebek adalah tumbuhan sukulen yang berasal dari Madagaskar yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Tanaman ini terkenal karena metode reproduksinya yang unik, yaitu melalui daun yang akan mengeluarkan tunas baru.
Setelah ditanam, jangan langsung menyiram daun wijayakusuma. Anda perlu mendiamkannya hingga 10 hari, baru daun boleh Anda siram. Penyiraman kedua pun hanya boleh dilakukan seminggu setelahnya, dan begitu seterusnya. Wijaya kusuma merupakan tumbuhan yang tidak membutuhkan terlalu banyak air, tapi jika cuaca sedang panas-panasnya, 

13. Stroberi Stroberi , 

Stroberi merupakan tanaman yang bisa di stek akar, lebih tepatnya dari sulurnya. Sulur adalah bagian batang yang ada daunnya (bukan yang ada buahnya). Ciri lainnya, biasanya pada sulur sudah terlihat calon akar. Cara melakukan stek akar pada stroberi adalah sebagai berikut: Siapkan media tanam yang merupakan campuran tanah, kompos, dan arang sekam atau sekam kering. Pilih sulur yang sempurna dan tidak cacat. Kalau bisa pilih yang sudah terlihat calon akarnya. Tempelkan sulur dipermukaan media tanam. Biarkan sulur tumbuh dengan sendirinya. Jika sulur sudah bisa tumbuh mandiri, Anda bisa memotong sulur tersebut dan dipindahkan ke pot yang baru. 

14. Kunyit Kunyit .
Tanaman yang bisa di stek yang terakhir adalah kunyit. Tanaman ini sering digunakan menjadi bumbu masak dalam banyak kuliner nusantara. Kunyit akan memberikan warna kuning yang cantik untuk masakan dan juga rasa yang sedap. Kunyit dapat tumbuh dengan baik di media tanah yang agak lembab dan cenderung kering. 

15. Singkung , tanaman singkong yang batangnya beruas –ruas adalah tanaman yang diperbanyakan dengan cara stek dan paling mudah tumbuh.

16. Sirih, biasanya untuk digunakan sebagai tanaman obat .
17. Kumis kucing, tanaman ini sebagai tanaman herbal untuk kencing manis , juga mudah di stek.

Langkah – langkah Stek :
-          Persiapan dahan, batang dan ranting untuk dijadikan stek
-          Potong dahan, batang dan ranting dengan panjang sekitar 10-15 cm, ini juga dapat disesuaikan dengan ukuran tinggi sungkup atau penutup dahan stek, jika penutup agak tinggi bisa lakukan potongan agak panjang.
-          Rendam stek dahan, batang dan ranting dalam larutan ZPT atau perangsang akar bisa dengan Root Up, Root Most, larutan B1 dan larutan perangsang merk lainnya.
-          Siapakan media tanah dengan campuran tanah subur dan siramkan media tadi dengan air secukupnya agar tidak basah dan lembab.
-          Usahakan jika menggunakan penutup atau sungkup plastic transparan dan tidak gelap agar tidak busuk dan berjamur.
-          Tutup media stek dengan plastic yang telah dipersiapkan atau gelas penutup atau media lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT