SAMBUNG PUCUK DURIAN KATINGAN DENGAN SISTEM GREEN HOUSE


SAMBUNG PUCUK (GRAFTING) DURIAN LOKAL KATINGAN
DENGAN GREEN HOUSE 



Kabupaten Katingan sangat terkenal dengan Sumber Daya Genetik dengan Duriannya, mulai dari kecamatan Tasil Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, Pulau Malan, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Petak Malai, Marikit, Katingan Hulu dan Bukit Raya.


Teknik sambung tanaman DURIAN adalah merupakan penggabungan batang bawah (understam/stock) dengan batang atas (entris/scion) sehingga terbentuk tanaman yang mempunyai sifat perpaduan antara sifat batang bawah dengan sifat batang atas. 

Teknik perbanyakan benih durian dengan penyambungan,  baik mata tunas (okulasi/budding) maupun tunas pucuk/grafting, dilakukan dengan menggunakan batang bawah (stock)  yang berasal dari biji (generatif)  dan batang atas (scion)  yang memiliki sifat sifat baik atau unggul. 

Dalam teknik penyambungan,  kita harus mempersiapkan batang bawah yang telah disemaikan di polibag atau tanah gembur atau pencampuran tanah subur dengan pupuk kandang 1:1, setelah semua media dipersiapkan baru lah penyemaian biji durian dari benih yang berasal dari biji yang telah dipilih biji yang baik,  bernas,  serta biji yang bentuknya besar dan bagus. 

Persemaian biji dilakukan sampai umur tanaman satu bulan sampai 4 (empat) bulan dengan menyemai biji durian di media polybag dengan menyampurkan media pupuk kandang dan diberi penetral keasamaan atau kapur dolomit.


Dengan teknik cara penyambungan menggunakan naungan dari bahan paranet untuk mengihindari adanya air hujan yang deras serta naungan dari terik matahari, sebab durian tidak tahan dengan cuaca panas yang tinggi.  

Persiapan batang atas (entris) 
adalah bagian ujung tangkai tanaman durian yang telah berbuah atau bisa mencapai umur batang sekitar 35-40 tahun,  sehingga benar benar batang yang tua, bagian tajuk tanaman atau tunas ujung tanaman durian di pilih yang tidak terlalu tua,  tidak terlalu muda dan dalam keadaan dorman atau tidak sedang mengeluarkan pucuk atau tunas baru. 

Pilih tunas atau batang atas yang dari durian berkualitas unggul,  buanya enak,  serta mempunyai keunggulan tersendiri agar dapat dihasilkan sambungan yang berkualitas baik dan dikehendaki.
Langkah-langkah dalam penyambungan :
Siapkan gunting okulasi,  cater,  silet,  plastik gula yang telah diiris kecil kecil, plastik es unyil, pisau okulasi. 

Cara Perbanyak Tanaman Durian Khas Katingan
Perbanyakan tanaman durian khas katingan yang sangat populer sampai ke tingkat nasional adalah durian varietas gelapir dengan beberapa keunggulan seperti:
  • Isi buah yang kuning keemasan
  • Isi buah yang tebal
  • Rasa yang enak serta empuk
  • Aroma yang khas ( sangat harum)
Perbanyakan tanaman durian katingan dilakukan dengan sistem sambung pucuk yaitu gabungan antara perbanyakan secara generatif dan vegetatif.
Teknik ini dilakukan dengan menyambung atau menyisipkan batang atas ke batang bawah.
Keuntungan perbanyakan tanaman dengan cara sambung tersebut dintaranya adalah,
  • Buah durian yang akan dihasilkan memiliki sifat yang sama dengan tanaman induk.
  • Masa berbuah tanaman yang lebih cepat dibandingkan perbanyakan dengan cara generatif (biji).
Untuk turut melestarikan jenis durian yang sangat khas katingan tersebut (Gelapir) tanaman induk gelapir tersebut terus dipelihara dengan baik agar tunas pucuk atau tunas samping dapat terus di pakai sebagai bahan untuk sambungan pucuk atas.

Batang bawah yang akan digunakan berasal dari biji yang disemaikan di dalam polibag kecil yang telah dimasukan media tanah subur dan campuran pupuk kandang. Semaian dilakukan selama 1 bulan.

Sedangkan untuk sambungan atas dipilih dari batang durian varietas durian gelapir yang diambil pucuknya dengan helaian daun sebanyak 3 lembar.
Kegiatan penyambungan diawali dengan memotong semaian batang bawah, buat celah dan masukan tunas yang telah diruncing berbentuk ( V ).

Kemudian ikat sambungan dengan pengikat yang telah disiapkan seperti tali plastik transparan. Upayakan tidak ada celah antara tunas sambung dengan bawah untuk menghindari masuknya air dan kotoran yang dapat mengakibatkan kegagalan penyambungan. Disini dalam teknik pengikatan anda bisa juga gunakan plastic mambu atau plastic se unyil karena plastic tersebut daya elastis nya sangat baik dan perkecil dengan menggunakan pisau okolasi atau silet, tips jangan gunakan pisau kater karena bisa menyebabkan jaringan entris menjadi rusak.
Hasil sambungan yang telah di lakukan setelah itu sungkup dengan media plastic transaparan dan lakukan pengikatan, nanti anda dapat lihat video lengkapnya.

Untuk menuju keberhasilan sambungan , media tanah dan polybag yang berisi batang bawah (stom) diberikan pupuk NPK dengan selang waktu 15 hari sebelum anda melakukan teknik penyambungan hal ini agar tananam batang bawah kuat dan tersedia bahan unsur hara selama proses penyambungan serta jangan diberikan pupuk apapun selama proses sambung berjalan, selanjutnya trik dan rahasia kebrhasilan tinggi satu hari sebelum penyambungan lakukan penyiraman yang cukup kemedia tanah di polybag yang berisi tanaman batang bawah.

Bibit dari hasil sambungan selanjutnya disimpan ditempat yang teduh atau naungan agar terhindar dari panas matahari secara langsung. Sekitar 15 hari  dapat dilihat hasil penyambungan apakah daun layu dan gugur atau masih hijau, daun yang gugur dan layu tidak bisa kita sebutkan gagal sebab kemungkinan masih tinggi untuk bertunas kembali, biarkan saja sampai pucuk dan tunas baru akan tumbuh, pada 30 hari dapat dilihat daun sudah tumbuh dan bagus, 60 hari daun semakin besar dan banyak dan dapat dipindahkan ke tempat naungan dari paranet, agar mendapat udara dan air hujan, selanjut 90 hari sudah bisa dipindahkan keluar rumah green house. 

Pada bibit sambungan yang berhasil akan tumbuh tunas baru, sedangkan yang gagal akan berwarna hitam dan kering. Bibit yang berhasil disambung ditaruh ke tempat yang aman dan dipelihara sampai siap di pindahkan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai Budidaya Durian Gelapir Khas Katingan, Kalimantan Tengah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian. Terima kasih.
`

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT