Budidaya Tanaman Pucuk Merah (pindah Tanam)



Cara  Budidaya Tanaman Pucuk Merah (pindah tanam)


Pucuk Merah – Pernah lihat tanaman yang daunnya berwarna merah? Kalau dilihat bentuknya kayak semak-semak gitu. Mungkin yang kamu lihat itu pucuk merah. Pucuk merah memiliki nama ilmiah Syzygium oleana, merupakan salah satu tanaman hias yang biasa ditanam di halaman rumah. Dinamai pucuk merah karena warna pucuk daun mudanya adalah merah. Kalau kamu ingin membudidayakan tanaman ini, caranya sangat mudah. Apalagi kita tinggal di negara dengan iklim tropis yang sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman ini.

Tata Cara Menanam Pucuk Merah

Anda bisa mencoba menanam tanaman hias ini di rumah untuk memberikan warna pada halaman rumah Anda.

Tanaman ini dapat ditanam secara langsung di tanah pekarangan ataupun di dalam pot-pot cantik.

Cara menanam pohon pucuk merah dapat dilakukan secara generatif dari biji maupun secara vegetatif dengan metode seperti stek batang.

 Adapun Cara yang lebih mudah adalah dengan cara penaburan biji pada tempat persemaian dengan menyediakan media tanah yang telah kita campurkan dengan tanah, pupuk kandang, sedikit pasir pada permukaan media, jika sudah siap media semai biji  - biji tanaman pucuk merah dapat di taburkan ke semaian.

Atau diperbanyak dengan cara stek tangkai pucuk bagian ujung tanaman pucuk merah, ambil lah dahan paling ujung pada tanaman pucuk merah yang masih muda belum mengeras batang dahannya atau masih muda, hal ini sangat baik sebab akan cepat sekali tumbuh akar dalam waktu 3-4 minggu maka akan tumbuh akar baru, dengan cara dan langkah stek yang benar.

langkah stek yang benar adalah dengan menyediakan polibag berisi tanah subur, kemudian siram dengan air kemudian tancapkan bagian hasil potongan dahan bagian ujung tadi ke tanah media stek hanya beberapa centimeter dengan meruncingkan bagian ujung pangkal dahan , yang sebelum di tancapkan dengan mengoleskan zat perangsang akar (root up) atau zpt jenis lainnya agar pertumbuhan akar cepat dan tidak mudah busuk, sungkup atau tutup dengan media plastik atau dapat dilakukan secara komunal untuk skala stek yang banyak. Jika anda hanya melakukan untuk perbanyakan di rumah anda cukup lakukan langkah stek dengan media gelas plastik atau wadah kemasan botol bekas yang telah anda potong menjadi dua bagian, bagian botol bawah sebagai media tumbuh (tanah) lalu tancapkan kemudian bagian atas botol untuk penutup. tutup yang rapat agar udara tidak keluar, sebelumnya siram media tanah dengan air secukupnya jangan sampai terlalau basah yang menyebabkan tanah media stek bisa berjamur. Taruh media stek pada tempat yang agak teduh tetapi masih mendapatkan sinar matahari utamanya pagi hari untuk menjaga agar media stek dan hasil stek tidak busuk dan berjamur. Jika sudah di didiamkan selama 1 bulan anda bisa lihat hasilnya jika berakar maka dapat dipindahkan kemedia yang lebih besar agar pertumbuhan tanaman lebih cepat dan mendapatkan suplai sinar matahari dan air hujan.

Demikian sekilas cara dan langkah perbanyakan budidaya tanaman pucuk merah..sangat mudah bukan....selamat mencoba......terima kasih

 

 

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT