JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT

Buah Di Dalam Pot 


TABULAMPOT adalah menanam tanaman buah dengan menggunakan media tanam dalam pot, jenis pot disesuaikan dengan jenis, umur, dan ukuran tanaman buah.  
A. KEUNTUNGAN DAN KEKURANGAN SISTEM TABULAMPOT
tabulampot mempunyai beberapa keuntungan, yaitu:

1. memanfaatkan halaman atau lahan sempit
2. tabulampot dapat diletakkan di mana saja dan dipindah-pindah lokasinya kapan saja sesuai dengan kemauan tanpa harus dibongkar dan ditanam lagi seperti halnya tanaman yang ditanam di tanah.
3. pertumbuhan dan perkembangan tanaman tidak akan merusak bangunan di sekitarnya.
4. meminimalkan penggunaan pupuk karena pemberiannya disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat dimanfaatkan seluruhnya oleh tanaman.
5. sistem drainase lebih mudah diterapkan , sehingga tidak terlalu jadi kelebihan air.
6. mudah dalam perawaatannya, terutama dalam penanggulangan hama dan penyakit ,sehingga akan menghasilkan tanaman yang sehat .
7. lebih mudah dipindahkan , tanpa resiko tanaman mengalami kematian.
8. dapat dinikmati keindahannya karena tabulampot berukuran antara 1-2 meter.
9. sumber gizi dan vitamin bagi keluarga.
10. dapat dijadikan sumber penghasilan.

Tabulampot juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu :
1.      tidak semua tanaman buah dapat dibuahkan di dalam pot. Misalnya durian, meskipun durian dapat berbuah namun pada akhirnya buah akan rontok.
2.      Tabulampot juga tidak dapat berbuah secara maksimal layakanya pohon yang ditanam di tanah secara langsung. Misalnya saja tabulampot belimbing yang hanya dapat memberikan beberapa buah saja dalam setiap masa buahnya. Berbeda jika kita tanam belimbing di tanah secara langsung, buahnya dapat menutupi hampir seluruh bagian tanaman.
3.      Pemilihan tanaman harus memperhatikan iklim setempat. tanaman yang tidak sesuai dengan kondisi lingkungan biasanya enggan berbuah.
4.      kualitas buah tidak dapat dipertahankan sampai peranakannya, percabangan tidak teratur dan umurnya tidak panjang.
5.      Pemilihan pot tergantung jenis tanamannya, tanaman berakar panjang membutuhkan pot ukuran lebih besar.

B. KARAKTERISTIK JENIS TANAMAN UNTUK TABULAMPOT
berbagai jenis tanaman buat saat ini telah banyak berhasil dibudidayakan sebagai tabulampot, namun ada beberapa tanaman buah yang hingga saat ini belum berhasil dibudidayakan sebagai tabulampot.

1. ciri-ciri tanaman buah yang mudah dibuahkan dalam pot :
a. tanaman perdu
b. pertumbuhan tanaman cepat
c. berbuah sepanjang tahun
d. ukuran buah relatif kecil
e. letak buah umumnya pada ranting
                                                                                                     
2. ciri-ciri tanaman buah yang sulit dibuahkan dalam pot :
a. tanaman pohon besar
b. pertumbuhan tanaman relatif lambat
c. ukuran buah relatif besar
d. berbuah musiman
e. letak buah umumnya pada dahan.

C. 10 JENIS BUAH YANG EFEKTIF UNTUK DIJADIKAN TABULAMPOT BESERTA ALASANNYA
1.      Buah Jambu


Menanam buah jambu biji dalam pot cukup mudah.tanaman jenis ini juga tidak memerlukan perawatan kusus,yang paling penting di jaga kesehatan,pupuk dan penyiraman saja.buah yang di hasilkan dalam pot juga tergolong lebih banyak jika di badingkan dengan tanaman buah jenis lain.manfaat jambu biji untuk kesehatan manusia anatara lain,bisa untuk mengobati diabetes,diare,sakit Maag,masuk angin dan sariawan.

2.      Buah jeruk


Buah jeruk juga sangat cocok jika di tanaman dalam pot,selain rasa yang di hasilkan sangat manis,umumnya buah jeruk akan rajin berbuah tidak kenal musm asalkan benar dalam perawatan dan pemupukanya.
Seluruh buah jeruk bisa di tanam dalam pot.selain untuk mempercantik ruangan,jeruk juga banyak memiliki kasiat dan manfaat,antara lain untuk mengobati sariawan dengan kandungan vitamin C yang ada pada jeruk ini.

3.      Buah Sawo.
Selain cocok untuk di jadikan tanaman hias penghias ruangan,buah sawo juga cocok jika di tanaman dalam pot.buah yang di hasilkan cukup banyak dan juga tak kenal musim seperti jeruk.cara perawatan cukup mudah,cukup kita siram,pupuk itu saja.maka buah yang di hasilkan tidak akan pernah habis untuk di makan.

4.      Buah Naga.
Buah naga juga bisa di tanam dalam pot.untuk saat ini,jenis buah naga pamornya mulai naik terangkat.karena harga perkilo buah naga ini sangat mahal.selain unik,tabulampot buah naga ini juga bagus jika di jadikan prospek bisnis sampaingan untuk di jual bibitnya.

5.      Buah Strowberry.


Selain tanaman di atas,buah stroberry juga sangat mudah untuk kita budidayakan dalam pot.selain menggunakan pot,buah jenis ini juga bisa kita tanam dengan menggunakan polybag.
Agar buah stroberry ini memiliki buah yang lebih produktif,penyiraman dan pemupukan harus di lakukan secara teratur dan terjadwal.

6.      Tomat
Terlepas dari perdebatan tomat adalah sayur atau buah, tomat bisa ditanam dengan mudah di dalam pot yang berukuran minim. Tomat (S. Lycopersicum) adalah tanaman yang tangguh. Ia memiliki perlindungan diri dari bulu-bulu halusnya yang berbau khas. Tomat tumbuh subur ke atas, sehingga diperlukan penompang untuk membuatnya tetap berdiri tegak dan agar tangkainya tidak patah. 

7.      Buah Nanas
Menanam nanas (A. Comosus) dalam pot bisa dikatakan sebagai seni. Selain menanamnya sangatlah mudah, daun-daunnya yang unik pun bisa menjadi seni tersendiri. Nanas tidak membutuhkan banyak air. Namun jangan sampai lupa untuk menyiramnya. Nanas menyukai cahaya matahari. Nanas tidak memerlukan perlakuan khusus, sangat mudah untuk ditanam di dalam pot kecil.

8.      Buah Semangka
Semangka (C. Lanatus) memiliki buah yang besar dan penuh air. Jangan berpikir bahwa semangka membutuhkan banyak tempat. Ia bisa tumbuh di dalam pot kecil. Semangka adalah tanaman rambat. Siram tanaman semangka setiap hari, karena semangka membutuhkan banyak air.

9.      Buah Melon 
Sama halnya dengan semangka, melon pun bisa ditanam di dalam pot kecil. Baik semangka ataupun melon (Cucumis melo). Dua- duanya bisa dengan mudah ditanam dari biji. Media tanamnya berupa tanah, pupuk kandang, dan sekam dengan perbandingan 1:2:3

10.  Lemon


Tidak hanya jeruk asli, jeruk lemon (Citrus x limon) pun ternyata bisa ditanam di dalam pot. Agar lemon cepat berbuah, gunakanlah pupuk dengan kadar fosfor (P) yang tinggi seara berkala. Lemon banyak ditanam didalam pot karena warna buahnya yang terang, juga karena buahnya bisa dikonsumsi menjadi minuman yang menyegarkan.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA