PANEN RAYA DURIAN KATINGAN




Durian (Dorio zibethinus) merupakan buah asli daerah trofis yang sangat enak dan aroma nya sangat enak dan harum.
Durian adalah nama tumbuhan tropisyang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.
Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari margaDurio.[1] Namun, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan(D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.


Durian di katingan pada saat ini tahun 2018, panen raya atau buah ini hampir berbuah di sepanjang wilayah katingan dari bagian utara kabupaten katingan seperti bagian hulu kabupaten yang ada di katingan seperti kecamatan katingan hulu, bukit raya,  marikit, petai malai, kecamatan sanaman mantikei , kec.katingan tengah, pulau malan, twg s.garing, kat.hilir, tasik payawan dan kec. Kamipang , wilayah panen durian yang banyak ada di bagian hulu seperti katingan hulu dan ujung utara kabupaten katingan, dan di wilayah pulau malan sekitarnya.

Durian katingan memang dikenaal enak dan empuk serta harum. nah ?? Pernahkah anda mencuba mencicipi rasa enaknya durian katingan.
Durian katingan saat ini memasuki pertengahan musim masak dan matang, sehingga panen masih banyak dan merata.


Buah durian banyak di jual di pinggir jalan di kabupaten katingan dengan harga berpariasi antara Rp. 25.000 yang ukuran kecil, Rp. 35.000 harga durian ukuran sedang, yang Agak besar Rp.50-60.000
Durian yang panen di bagian atas kabupaten diangkut dan dibawa ke kabupaten dengan alat armada kapal atau kelotok dengan alat transportasi air.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT