HASIL UBINAN PADI SAWAH MEMUASKAN


Padi adalah Tanaman Pangan yang dibudidayakan baik dengan sistem tugal (ladang) /lahan kering atau padi sawah.
Tanaman pangan yang termasuk didalamnya Padi, jagung, kedelai dan ubi kayu.
Padi di wilayah UPTD pertanian pendahara cukup.lumayan banyak di budidayakan oleh petani, yang termasuk ikut mensukseskan swasembada pangan Indonesia, sehingga kedepan kita akan surplus beras.
Saat ini di wilayah ini memasuki awal musim panen periode Ok-mar.
Dengan memasuki awal musim panen maka penghimpunan data hasil panen pun dilakukan yaitu dengan Ubinan.
Ubinan Padi yang dilakukan di Lahan Sawah Desa Tewang Beringin Kecamatan Tewang S Garing, Kabupaten Katingan oleh petugas Mantri Tani UPTD Pertanian Pendahara beserta jajaran Petugas lapangan Penyuluh Pertanian se - Kecamatan Tewang Sangalang Garing.
Kegiatan Ubinan ini adalah kegiatan rutin Petugas Mantri Tani untuk mengetahui hasil gabah padi di lahan sawah dan ladang (gogo) saat memasuki awal panen.
Kegiatan tersebut juga sekaligus melihat data langsung hasil penimbangan ubinan padi di seluruh wilayah binaan UPTD Pertanian Pendahara kecamatan Tewang S Garing, apakah hasil panen gabah para petani padi meningkat.
Dalam kegiatan ini petugas penyuluh dan mantri tani menempuh perjalanan lewat sungai dengan waktu tempuh cukup lumayan jauh sekitar 30 menit dengan kapal kecil atau kelotok ces biasa masyarakat menamakan alat transportasi air ini meskipun dapat dijangkau lewat darat yang jalannya cukup sulit tak beraspal dan menuju kampung ini menyebarang dengan pery penyebranga air.
Petani disini masih menanam padi jenis lokal seperti jenis padi pelita dan tunjik badak dalam bahasa lokal menamakan varietas padi tersebut. Serta penanamannya masih tradisional dengan sistim tapal (semain) tanpa sistem jajar legowo.
Kegiatan Ubinan sekaligus penyuluhan pertanian yang disampaikan para penyuluh agar kedepan juga bisa menanam padi dengan sistem jarwo atau jajar legowo.

Dalam hasil kegiatan ubinan padi di desa ini didapatkan rata-rata timbangan gabah basah sebesar 2,3 klg di ubin dalam 3 tempat lahan yang berbeda dengan rumus ubinan = Rata-rata hasil ubinan lokasi A + B + C di rata-ratakan x 10.000 (luasan hektar) : Luas ubinan (2,5 x 2,5) = 3,680 Ton/ Ha.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT