MANFAAT DAN KHASIAT JAMBU BIJI



Jambu Biji (myrtaceae) adalah Buah yang tergolong dalam family jambu jambuan yang sangat dikenal masyarakat baik perkotaan dan pedesaan karena Jambu jenis jambu biji ini tergolong tanaman yang mudah tumbuh serta hampir dapat beradaftasi dengan semua jenis tanah baik tanah aluvial, lempung, lempung berpasir, tanah merah (podsolik merah kuning) dan tanah gambut kering juga dapat tumbuh.
Tanaman Jambu biji ini selain dapat diperbanyak secara generatif atau biji juga secara vegetatif (stek, okolasi, cangkok, sambung pucuk, sambung sisip).
Tanaman jambu biji juga mudah tumbuh dengan biji walaupun tanpa perlakuan semai khusus seperti cukup di lempar saja buah jambu yang sudah matang dan tua, buah yang isinya busuk akhirnya biji keluar dan akan tumbuh sendirinya, bisa juga biji jambu ini dibawa hewan seperti burung dan kelelawar dan lewat kotorannya akan tumbuh anakan jambu biji.
Secara morfologis tanaman
jambu biji berbatang keras, kulit tipis licin, warna buah muda hijau, warna matang kuning, isi buah agak kemerah merahan, rasa manis jika masak, berserat tinggi, isi buah di lapisi kulit buah tipis, di dalam isi buah banyak biji biji buah jambu.
Akar tunggang dengan bercabang akar ke samping, daun hijau tua serta bentuk oval dan bertulang daun, dahan banyak bercabang. Bunga putih berbulu putih.
Manfaat buah jambu biji bagi kesehatan :
Jambu biji berkhasiat sebagai imunitas atau anti oksidan bagi kekebalan tubuh sehingga menghindarkan dari berbagai macam penyakit.
Anti-tumor dan anti-inflamasi
Kandungan lycopene di dalam jambu bermanfaat sebagai zat anti-inflamasi dan mencegah pertumbuhan tumor.
Mencegah kanker
Karena jambu biji mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien, maka buah ini efektif untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin C dosis tinggi di dalamnya juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas penyebab kanker.
Menjaga tekanan darah
Jambu biji memiliki manfaat mengagumkan untuk menjaga tekanan darah. Sebab jambu biji mengandung kalium yang bermanfaat untuk melindungi tubuh Anda dari pengaruh eksternal yang bisa merusak kesehatan tekanan darah.
Mencegah penuaan dini
Kandungan zat antioksidan tinggi dalam jambu mampu menetralkan radikal bebas dan mencegah terjadinya stres oksidatif penyebab penuaan dini.
Baik untuk penderita diabetes
Kandungan serat dalam jambu biji berfungsi sebagai obat alami bagi penderita diabetes. Selain itu secara medis, buah ini juga terbukti untuk mencegah lonjakan gula.
Menyehatkan kulit
Jambu biji mengandung vitamin A, nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan yang bisa membuat kulit Anda terlihat segar kembali.
Mendukung kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam jambu biji sekali lagi mampu mencegah infeksi mata dan penyakit mata.
Meningkatkan sistem pencernaan
Kandungan lycopene dalam jambu biji sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.
Menambah jumlah darah
Jambu biji mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semuanya bermanfaat untuk menambah jumlah sel darah merah Anda.
Buah jambu biji bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau dimasukkan ke dalam campuran bahan makanan lainnya.


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT