TEKNIK DAN CARA PERBANYAKAN JAMBU JAMIKA (BOL) DENGAN SISTEM STEK DAHAN

Info TaniKatingan.Blogspot.co.id>>Hurticultura>>Perbanyakan>>Stek>>Jambu Jamaika

Jambu bol (atau jambu kepal, jambu dersono, jambu jamaika, jambu merah) adalah pohon buah kerabat jambu-jambuan. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Tidak begitu jelas mengapa namanya demikian karena bol (bahasa Melayu) atau bool (bahasa Sunda) berarti "pantat".
Nama-nama daerahnya di antaranya jambu bo, jambu jambak (Min.), jambu bool (Sd.), nyambu bol (Bl.), jambu bolo (Mak.), jambu bolu (Bug.). Juga, jambu darsana, dersana, tersana (Jw., Md.); kupa maaimu (Sulut); nutune, lutune, lutu kau, rutuul (Mal.) dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malay apple, sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense (yang berarti: ‘berasal dari Malaka’) menunjuk pada salah satu wilayah asal-usulnya.

 Jambu jamaika ini asalnya penyebarannya dari malaysia, dan tersebar di filipina, Thailand.dan Indonesia.

Jambu Jamika atau Jambu Bol atau Jambu Agung (nama yang sering umum) di dengar di Kalimantan, jambu ini mempunyai ciri ciri batang yang berbentol - bentol menunjul serta ketinggiannya mencapai 50 meter lebih dan kurang bercabang banyak, daun nya pun berbentuk lonjong dan di daun juga berbentol bentol keluar, pada dahan jambu bol atau jamaika /jambu agung ini kurang bergetah dan agak kering.

Tidak banyak literatur yang saya Searh atau cari di pencairan google tentang cara perbanyakan tanaman jambu ini, mungkin karena cara perbanyakan tanaman ini secara umum banyak diperbanyak dengan biji dan jarang diperbanyak secara vegetatif seperti cangkok, stek dan sambung.

pada banyak literatur di internet ada yang mengatakan bahwa cara perbanyakan secara cangkok juga susah untuk berakar dan tumbuh, sehingga jambu ini sering ditanam secara generatif atau melalui biji.

Ada yang mengatakan bahwa jambu ini susah di stek, tapi saya sudah dapat membuktikan bahwa jambu jamaika atau bol dapat diperbanyak secara stek.

Metode stek yang saya lakukan adalah :
Saya mencari pohon tanaman jambu jamaika atau bol yang sudah berbuah
kemudian saya potong dahannya, kemudian saya stek dengan metode sungkup dan metode tanpa sungkup.
dengan metode stek secara sungkup dengan media plastik agak tebal dan cahaya matahari kurang dapat tembus kedalam dan saya ikat dengan tali .
Media stek dahan yang saya potong tersebut saya sisakan satu atau dua helaian daun yang saya potong beberapa bagian atau sayatan daun, dan pada pangkal dahan stek saya buat sayatan pada kiri dan kanan dahan dan saya oleskan zat perangsang akar, stek dahan jambu jamaika saya tancapkan kemedia polybag terisi tanah subur, pupuk kandang, dan arang sekam.

Setelah satu bulan lamanya saya mencek pertumbuhannya ternyata tanaman ini bertunas atau berdaun baru, dan sungkup nya pun saya buka serta akan saya taruh di tempat yang agak teduh untuk menghindari sinar matahari yang agak terik. dan tetap disiram media polybag pagi dan sora.
https://youtu.be/is5SuXvKJWY
Anda dapat melihat teknik dan caranya di youtobe channel ELI 45 dan Creator Stodiu youtobe.

Demikian sekedar informasi cara perbanyakan tanaman jambu Jamaika atau bol atau jambu agung.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT