PEMANFAATAN GENANGAN AIR ASAM DI SELA TANAMAN KELAPA SAWIT

Tanikatingan.blogspot.co.id>>mimbar penyuluhan >>Pemanfaatan Air Asam>>Sela Tanaman Kelapa Sawit

Pada Kegiatan Penyuluhan UPTD Pertanian Kelurahan Pendahara, Kabupaten Katingan beberapa waktu lalu Bersama Pemberi Materi dari Fakultas Pertanian Palangka Raya sebagai penyelenggara kegiatan Sosialisasi pemanfaatan lahan sela kebun sawit untuk dijadikan usaha budidaya ikan kolam air asam , bersama kelompok Tani Keluraha Pendahara , yang mana Universitas Palangkaraya pada Fakultas pertanian sebagai salah satu yang mempelopori penelitian-penelitian di bidang pengembangan pertanian arti luas di kawasan lahan gambut tropika dan daerah aliran sungai serta lingkungannya.

Universitas Palangkaraya bekerjasama dengan dengan PILAR (Palangkaraya Institute For Land and Agricultural Research) adalah sebuah yayasan riset yang mendukung peneliti dan mahasiswa lokal yang ada di Universitas Palangkaraya untuk melakukan kajian optimalisasi penggunaan lahan di Kalimantan Tengah.

Pada Kegiatan Tersebut diatas diselenggarakan Penyuluhan tentang adanya pemanfaatan lahan disela tanaman kelapa sawit lahan gambut untuk di gunakan serta dimanfaatkan sebagai usaha budidaya ikan.

Di wilayah Kalimantan Tengah banyak kita jumpai lahan bergambut yang airnya bersifat asam. Wilayah tanah rawa gambut, pasang surut dan pedalaman sebagian sudah banyak dimanfaatkan untuk lahan perkebunan sawit.

Genangan air rawa asam yang berada di sekitar perkebunan sawit sejauh ini belum dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi perikanan air tawar, padahal lahan rawa genangan air asam dan sela - sela tanaman perkebunan sawit tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan kolam-kolam budidaya ikan lokal maupun ikan dari luar atau introduksi.

Ikan ikan yang dapat hidup dan tumbuh berdasarkan hasil penelitian adalah ikan betok, ikan patin, dan ikan mas.

Dalam hal memperbaiki kualiatas fisik dan kimia air rawa asam /PH air. Adalah dengan menaburkan Tepung kalsium karbonat (CaC03) atau sering disebut kapur.





Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT