10 Cara Perbanyakan Tanaman Melalui Vegetatif dan Generatif

Sebelum kita masuk pada Teknik dan Cara Perbanyakan Tanaman.
Kita perlu ketahui apa itu Generatif dan Vegetatif.

Perkembangbiakan atau reproduksi adalah proses biologis dimana makhluk hidup dihasilkan baru dihasilkan.  

Reproduksi terbagi menjadi dua yaitu reproduksi dengan kawin (seksual atau generatif) dan reproduksi dengan kawin (aseksual atau vegetatif).
Reproduksi generatif, dilakukan oleh dua makhluk hidup yang menggabungkan materi genetiknya melalui pembuahan sel kelamin betina oleh sel kelamin jantan. Pembuahan ini akan menghasilkan zigot yang kemudian berkembang menjadi individu baru.

Hasil dari reproduksi generatif akan memiliki genetik dan mewarisi sifat gabungan dari kedua induknya. Sehingga, keturunan yang dihasilkan akan terlihat seperti individu jantan dan betina.

Contoh reproduksi generatif adalah penyerbukan bunga dimana benang sari membuahi putih bunga, sehingga menghasilkan biji tanaman baru.
Reproduksi vegetatif dilakukan oleh suatu mahkluk hidup tanpa ada pembuahan. Reproduksi vegetatif terjadi tanpa adanya kontribusi genetik dari mahkluk hidup lain. Sehingga, hasil dari reproduksi ini memiliki genetik dan warisan sifat sama persis dengan induknya.
Contoh reproduksi vegetatif adalah pembelahan pada bakteri, partenogenesis (perkembangan telur tanpa dibuahi) pada berbagai spesies kadal, dan pencangkokan pada tanaman.

Teknik dan Cara Perbanyakan Tanaman dengan cara Vegetatif.
yaitu perbanyakan tanaman tanpa melalui gen atau biji seperti :
1. Cangkok
     adalah cara memperbanyak tanaman dengan membuat irisan melingkari dahan dan batang serta membuang jaringan kambium,  ini dengan tujuan menghambat adanya penyaluran sari - sari makanan dari batang bawah atau dahan bawah untuk menekan nutrisi makanan sampai ke daun, sehingga memaksa jaringan yang di hambat untuk mengeluarkan jaringan baru seperti akar baru. contoh tanaman dapat di cangkok, durian, mangga, kedondong, rambutan, kelengkeng, petai, manggis, jambu biji, jambu air, alfukat, tin, mulberi, dan banyak lagi tanaman buah lainnya.

Cara perbanyakan tanaman dengan stek adalah cara memperbanyak tanaman dengan memotong dahan atau batang dengan ukuran tertentu sekitar 5-10 cm dengan membuat sayatan pada bagian pangkal dahan atau batang, serta yang sering dilakukan agar cepat berakar dengan membuat sungkupan atau bongkos stek dahan agar menghindari evaforasi atau kekeringan air dari media stek baik media dahan yang di stek dan media tumbuhnya seperti tanah di pot, atau polibag. contoh tanaman yang mudah di stek adalah jambu air, kedondong, tin, mulberi, singkong, tebu, mangga, jambu biji, jeruk nifis, jeruk manis dan sebagainya.
Cara perbanyakan tanaman dengan sambung susu atau susun akar, cara ini mirip cara cangkok cuma perbedaannya adalah menambahkan tananaman yang di susun akar dengan tanaman yang sama jenis dan di ambil bagian akar disertai batangnya untuk di tempelkan dan di buat bongkosan untuk membongkos media tanahnya.
Perbanyakan tanaman dengan okolasi, sambung pucuk, sambung samping, kaki ganda, sambung sisip, dengan biji.



Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT