Cara Dan Teknik Sambung Sisip Pada Tanaman Pepaya California dan Pepaya Lokal

info Pertanian&tanikatingan.blogspot.com

Sambung Sisip adalah teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan cara menyisipakan batang tanaman jenis yang sama ke batang tanaman induk dengan jenis yang sama pula, sambung sisip sendiri merupakan penyempurnaan dari teknik okulasi. Hampir semua tanaman berhasil dibiakkan dengan jalan sambung sisip.



Pada teknik sambung sisip batang atas diselipkan ke batang bawah antara kulit dengan kambium sebesar dengan besarnya sayatan entris sementara ada sebagian kulit yang masih utuh tidak tersayat sehingga seringkali batang bawah tidak ambil pusing untuk mengobati luka sayatan akibat sisipan entris yang akan tersambung dengan batang bawah, akibatnya entris sering mati sebelum berkembang.

Cara sambung sisip hampir sama dengan cara yang biasa dilakukan pada semua jenis tanaman serta cara ini sangat dominan untuk berhasil dibandingkan dengan cara stek tanaman.

Namun pada cara sambung sisip tanaman pepaya yang dilakukan dengan tidak membongkos tanaman sisipan serta daun dan pucuk kita biarkan jangan dipangkas habis agar tanaman mampu menopang nutrisi makanan dari batang sisipan tersebut sampai benar menyatu dengan batang indukan.

Video cara sambung sisip pepaya

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT