STEK TANAMAN JAMBU AIR MADU

Tanikatingan.blogspot.co.id
>>>Stek>>>Tanaman>>jambu air >>madu

Dalam Ilmu Agronomi atau Budidaya pertanian Kemajuan suatu Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini membawa dampak positif bagi perkembangan kemajuan Pengetahuan pertanian, banyak sektor pertanian yang sudah ikut menggunakan teknologi moderen seperti Membajak sawah dengan mesin bajak, menggembur tanah dengan mesin cultivator atau mesin penghalus bedengan, mesin tanam padi, hand tractor, dan masih banyak mesin mesin pertanian lainnya yang sudah mengikuti perkembangan jaman yang serba moderen.

Di jaman yang serba moderen untuk peningkatan kemajuan teknologi tersebut tapi untuk teknologi perbanyakan tanaman secara vegetatip dan generatif manusia masih dengan teknologi yang bersifat Ilmu lama hanya kemajuan ilmu memacu perkembangan akar yang terbarukan, langkah dan teknik masih bersifat umum, mungkin suatu saat akan ada penemu yang lebih maju lagi.
Kembali ke masalah cara stek ?
Salah satu cara untuk memperbanyak atau mengembangbiakkan tumbuhan atau tanaman adalah dengan cara atau sistem Stek. Cara ini telah lama digunakan masyarakat kita dalam mengembangbiakkan tanaman karena lebih mudah, sederhana dan cepat dalam menghasilkan tanaman baru yang diinginkan.

Apakah Arti Dari Stek ?

Stek adalah cara pengembangbiakkan tanaman secara vegetatif buatan dengan menggunakan sebagian akar, batang, atau daun tanaman untuk ditumbuhkan menjadi tanaman baru.

Sistem Stek bisa dilakukan dengan cara :

1. Stek Batang
Sistem Stek dengan cara mengambil atau memanfaatkan sebagian batang tanaman untuk dikembangbiakkan sebagai tanaman baru. Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek batang misalnya Singkong, Tebu dan bunga Mawar, melati, dan jeruk.

2. Stek Akar atau Umbi
Sistem Stek dengan cara mengambil atau memanfaatkan umbi tanaman untuk dikembangbiakkan sebagai tanaman baru. Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek umbi misalnya Kentang dan Bawang.

3. Stek Daun
Sistem Stek dengan cara mengambil atau memanfaatkan daun tanaman untuk dikembangbiakkan sebagai tanaman baru, Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakkan dengan sistem Stek daun misalnya Cocor Bebek, Sri Rejeki dan Lidah Buaya, lidah mertua, dll.




Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT