LOMBA CIPTA MENU. BERAGAM,BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN (B2SA) TINGKAT KABUPATEN KATINGAN 2018

   

    Sambutan  Bupati Katingan Sakariyas diwakili   sekda katingan Drs. Nicodemus pada acara   lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang dilaksanakan di Aula Bappelitbang kab.katingan, 18-juli 2018. Berharap kepada masyarakat untuk mengangkat kembali makanan atau pangan olahan melalui kearifan lokal, bisa dari umbi -umbian, jagung, kedelai. Dengan membuat lomba lomba dengan harapan bisa menciptakan kreasi makanan  lokal, bisa dengan  menu menu khas  dayak kalimantan.  Dan menurut beliau untuk TP - PKK kecamatan kiranya bisa ikut andil dan ikut serta dalam mengirimkan utusannya dalam  event event di tingkat kabupaten jangan sampai ketinggalan.
Selanjutnya menurut nya adanya Harapan dengan Dewan juri lomba bisa memberikan arahan pembangunan pangan yang lebih baik agar kabupaten katingan bisa sebagai penyumbang pangan olahan khas daerah.



     Menurut beliau Kenapa kita harus mengarahkan ke pangan karena penghasilan pangan masih belum mampu menaikan pendapatan penduduk atau masyarakat.

Renstra pangan kab.katingan agar bisa menjamin kemandirian pangan.
Tanaman pangan selain padi, jagung, dan kedelai , bisa dikembangkan tanaman lain seperti kelapa dan tanaman buah -buahan , seperti menanam tanaman kelapa karena tidak terlalu repot dalam pemeliharaannya dan cukup menjanjikan untuk dibudidayakan.  tanaman lain yang bisa dikembangkan pula seperti mangkahai atau tiwadak , dan petai, sebab petai juga sangat digemari konsumen.

     Ketua TP-PKK Kabupaten Katingan  Ibu Daurwati Sakariyas, S.Pd dalam sambutannya mengatakan Bahwa Dalam kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Katingan
 Adalah untuk  mengangkat kembali citra makanan khas daerah yang selama ini kalah bersaing dengan makanan modern (fast food) , maka perlu untuk mengembangkan menu B2SA yang berbasis pada kearifan lokal, dimana menu yang diciptakan dengan memodifikasi makanan resep daerah, yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

  Lomba Cipta Menu (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman setiap Masyarakat akan pentingnya  konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendorong peningkatan konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging, umbi-umbian dan mengurangi porsi beras sebagai sumber karbohidrat.

 Pada kesempatan itu pula Kepala Dinas pertanian, pangan dan perikanan kabupaten katingan Ir.Hendri,  menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun jika dana anggaran untuk kegiatan ini memungkinkan maka setiap satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) bisa diikutsertakan dalam momen lomba cipta menu B2SA tingkat kabupaten katingan.
Kegiatan ini diikuti 6 peserta lomba ada dari TP-PKK kecamatan dan TP-PKK Kabupaten Katingan.

Pada akhir kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dimenangkan oleh peserta dari TP-PKK Katingan Hilir sebagai peraih pemenang juara satu dan akan ikut serta di ajang lomba cipta menu tingkat provinsi kalimantan tengah.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT