Teknik susun akar pada mangga


Sambung susun akar adalah cara penggabungan akar tanaman dari jenis yang sama seperti contoh artikel ini adalah cara susun akar pada tanaman mangga.
Bagaimana langkahnya :
Pertama adalah menyiapkan tanaman mangga yang sudah tumbuh dari biji yang di semai di media polibag, kemudian jika sudah cukup usia dan diameter batangnya untuk di gunakan sebagai bahan media susun akar pada tanaman yang sama yaitu jenis mangga.
Kedua potong batangnya sesuai panjang batang tanaman mangga tadi dengan gunting tanaman lalu buat runcing tipis sebagai perekat batang ke batang tanaman yang akan kita susun akar.
Ketiga adalah buat sayatan memanjang dari atas kebawah yah seukuran sekitar 10 cm atau lebih , sayatan itu dicocokan dengan sayatan batang dari akar yang kita gunakan menempel pada tanaman induk.
Keempat adalah tempelkan akar batang tanaman mangga ke batang induk yang kita buat sayatan dengan banyaknya akar sekitar 2 - 4 batang akar tanaman.
Lima adalah setelah tersusun baru ikat dengan tali plastik okolasi secara kuat dan rapat sebanyak yang kita hendaki agar benar benar rapat ke kulit kayu batang tanaman induk.
Keenam adalah buat lah sayatan seperti cangkokan dibagian bawah akar tepat pada ujung akar batang tanaman yang digunakan dalam susun akar.
Ketujuh adalah seperti menyangkok juga dengan mengirik kambium di cangkokannya agar tidak ada lendir pada sayatan.
Kedelapan adalah siapkan plastik putih transparan sebagai media penampung tanah atau media cucupit yang akan di isi di plastik penampung tadi dengan padat tanpa ada celah atau lobang agar air tidak masuk.

Cangkok susun
Cangkok susun adalah cara cangkok dengan menambahkan akar di bagian batang tanaman. Model cangkok ini memiliki keuntungan yaitu pohon hasil cangkokan akan memiliki akar besar dalam waktu dekat, sehingga proses produktivitas akan relatif cepat. Pohon hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah. Nah, jika sobat ingin melakukan cangkok susun dengan akar besar berikut ini ada panduan lengkapnya. Silahkan dicoba ya! dan Semoga berhasil.
Baik lah ini ada videonya untuk bahan pelajaran anda dalam langkah susun akar.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT