CUACA KADANG EKSTREM AKIBAT PEMANASAN GLOBAL


Suhu udara yang semakin meningkat menyebabkan adanya siklus antara musim kemarau dan musim penghujan yang tidak menentu, ramalan cuaca yang biasa di pakai para petani dalam aktifitas pertanian seperti kapan saat musim tanam atau awal kegiatan pertanian jadi tidak dapat lagi sebagai acuan yaitu awal tanam musim ok-mar atau oktober maret untuk saat membersihkan lahan untuk persiapan tanam padi bisa mulur dari bulan oktober karena saat bulan tesebut bisa juga terjadi kemarau sampai dekat bulan desember.  atau biasanya dari bulan juli - agustus adalah musim kemarau bisa saja terjadi mus banjir atau musim penghujan,    salah satu faktor adanya perubahan iklim tersebut akibat adanya Pemanasan global atau dalam istilah (global warning)
 adalah peningkatan suhu rata – rata di seluruh permukaan bumi pada bagian atmosfir, bagian laut maupun di daratan bumi. Dari hasil penelitian ternyata bumi telah mengalami meningkatan suhu hingga 0,18 derajat celcius dalam 100 tahun terakhir. Peningkatan suhu bumi mulai terjadi sejak awal abad ke 20 yang disebabkan karena meningkatnya zat gas rumah kaca sebagai akibt dari aktivitas manusia. peningkatan suhu permukaan bumi dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut, perubahan cuaca yang ekstrim, terjadi perubahan jumlah dan pola presipitasi. Dampak panasnya suhu bumi yang sangat nampak adalah hasil pertanian yang kurang bagus, gletser di kutub menghilang serta beberapa jenis hewan mengalami kepunahan. Suhu yang tinggi ini sudah mulai menjadi masalah serius dunia sehingga negara – negara di dunia mulai mengatur penggunaan emisi gas – gas rumah kaca. Hal ini dibuktikan dengan ditandatanganinya protokol kyoto untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Penyebab bumi menjadi semakin panas

1. Penggunaan listrik berlebihan

Penggunaan listrik yang terlalu banyak dirumah bahkan untuk hal – hal yang tidak terlalu perlu sering dilakukan di rumah. semakin banyak alat elektronik di rumah maka penggunaan listrik akan semakin banyak. Akibatnya energi yang dibutuhkan oleh pembangkit listrik juga semakin banyak. Walaupun kita sanggup membayar listrik tersebut tetapi penggunaan energinya yang semakin banyak dapat meningkatkan suhu bumi. Oleh karena itu pihak PLN sering menghimbau untuk menghemat energi listrik.

2. Kurangnya pepohonan Atau pembatatan hutan untuk industri kebun sawit.

Banyak nya industri kebun sawit sekarang ini sangat merusak ekosistem alam yang ramah lingkungan, sebab pembukaan area sawit yang besar pohon-pohon menjadi gundul, daerah resapan air semakin sedikit bahkan kering, jadi fungsi Pepohonan dan hutan  memberikan banyak peran bagi lingkungan, selain dapat membuat lingkungan menjadi sejuk, ternyata pohon juga dapat menjadi alat untuk mengatasi suhu panas dan menghirup Co2 yang menjadi salah satu penyebab peningkatan suhu bumi. Menanam pohon dirumah memang lebih sulit dilakukan saat ini karena mahalnya tanah sehingga pekarangan menjadi kecil dan sempit. Sulit sekali kita melihat warga perkotaan yang menanam pohon di depan rumahnya karena sempitnya lahan.

3. Banyaknya bangunan menggunakan konsep rumah kaca.

Rumah kaca memang terlihat lebih indah, belakangan ini terlihat banyak sekali gedung tinggi yang menggunakan konsep rumah kaca pada dindingnya. Dampak yang ditimbulkannya adalah ia tidak dapat menyerap matahari melainkan memantulkanya ke udara. Semakin banyak gedung dengan konsep rumah kaca maka akan semakin panas lingkungan ini.


Penyebab peningkatan suhu bumi dari lingkungan masyarakat

1. Jumlah kendaraan yang meningkat

Jumlah kendaraan yang ada di dunia selalu bertambah sehingga penggunaan bahan bakar juga akan meningkat. Hasil pembakaran kendaraan bermotor selain dapat mengganggu kesehatan juga dapat menyebabkan peningkatan suhu bumi. Selain itu pasokan energi dunia akan cepat habis. Efek dari peningkatan kendaraan juga menimbulkan kemacetan yang merupakan masalah di kota – kota besar.

2. Asap pabrik

Adanya pabrik di seluruh dunia memberikan dampak kesejahteraan karena melahirkan lapangan pekerjaan baru, tetapi asap yang dikeluarkan setiap harinya


3. Pembakaran hutan

Pembakaran hutan biasanya dilakukan untuk membuka lahan baru untuk pertanian, tetapi sering pula ditemukan pembakaran hutan secara ilegal sehingga kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari hutan yaitu untuk mengambil gas CO2, masalah lain yang muncul adalah serignya terjadi banjir.

Penyebab peningkatan suhu bumi dari alam.

1. kondisi laposan ozon yang semakin tipis.

Lapisan ozon bermanfaat untuk melindungi penduduk bumi dengan cara memfilter sinar matahari agar gelombang yang berbahaya tidak sampai ke bumi. tetapi karena banyaknya gas yang berada di udara menyebabkan kebocoran pada lapisan ozon. Kebocoran ozon terjadi setiap saat sementara proses pengembaliannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Mungkin suatu saat lapisan ozon akan benar – benar hilang.

2. Kondisi bumi yang tua

Usia bumi diperkirakan sudah mencapai 4,6 milyar. dan bumi ini telah di hidupi oleh beberapa generasi , atau semakin padatnya penduduk bumi maka kawasan hutan semakin berkurang akibat dijadikan lahan perumahan.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT