Skip to main content

KEARIFAN LOKAL DALAM BERCOCOK TANAM PADI






Sedang yang dimaksud tegalan ialah tanah kering yang terletak di sekitar daerah pemukiman (desa), biasa juga masyarakat menamannya di kawasan hutan yang masih virgin / hutan alami , yang masih dipenuhi pohon yang lebat.
 Cara pengolahan lahannya sebagai berikut : dibersihkan dari semak belukar dengan cara tradisional , karena adanya sesuatu dan lain hal sehingga cara tradisional bertanam padi ladang sekarang ini agak berkurang dilakukan karena adanya ketentuan pelarangan pembakaran lahan yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan, apabila dalam pelaksanaan pembersihan dan pembakaran tidak di jaga dengan baik. 
Lahan kering atau tegalan yang karena keadaannya sehingga tidak dapat diubah menjadi sawah. Penanaman padi sistim padi ladang di jumpai di kalimantan.
Beberapa tahapan cara budidaya padi gogo atau padi ladang
A.    Pembersihan lahan
        Meliputi pembersihan semak belukar dan pohon kayu , dengan mesin pemotong (chainsaw), parang, dan peralatan lainnya.

B.     Pengolahan Tanah
   Dalam kebiasan bertanam padi ladang sering dijumpai tidak menggunakan pengolahan tanah, sebab batang kayu dan pohon hasil tebangan tak memungkinkan untuk dilakukan pembajakan, serta tanahnya pun masih subur.

     pengerjaan pembersihan lahan biasanya akhir tahun pada musim tanam (ok - mar)  Oktober - Maret .
C.    Penanaman
       penanaman padi ladang adalah memasuki  awal musim hujan atau pada akhir musim kemarau.

Pada penanaman padi ladang penggunaan biji yang akan ditanam harus diperhatikan, sebaiknya dipakai bibit unggul lokal, misalnya inpago, cirendah, sitobagentid dan macam macam.varitas unggul lokal lainnya. Walaupun benih yang dipakai sudah merupakan unggulan, namun sebaiknya bibit itu harus dipilih lagi sehinggas diperoleh bibit yang betul-betul baik.

D. cara penanaman
     Dengan menggunakan tugal, biasanya dilakulan secara gotong royong secara bersama sama dalam suasana keakraban dan kearifan lokal, dalam satu lubang tugalan di isi 4- 5 benih padi, dengan penggunaan benih dalam luasan hektar.bisa mencapai 60 - 75 Kg / Ha.
Demikian sekilas Info tani bertanam padi ladang, semoga bermanfaat.

Tani Katingan Borneo

Komentar

Postingan populer dari blog ini




JAMUR ALAMI KHAS KALIMANTAN TUMBUH MUSIMAN SAAT PENGHUJAN DENGAN RASA NAN LEJAT

JAMUR ALAMI KHAS KALIMANTANJamur atau Istilah kerennya dalam bahasa Dayak yaitu Kulat Bantilun atau Kulat siau, Umumnya kuaat Bantilung atau kulat siau akan tumbuh dan muncul pada saat awal awal musim penghujan yang Intensitas Hujannya sangat Tinggi, Biasa nya Kulat ini tumbuh pada daerah atau lokasi tanah dengan tingkat kelembapan dan kesuburan yang sangat tinggi dengan  PH basa Berkisar 6 -7 , Tumbuh dan berkembang pada lokasi t tertentu yang hutan nya sangat lebat atau semak belukar , dengan intensitas matahari kurang bisa menebus ke lokasi tersebut, biasanya ditemukan dibawah pohon – pohon Karet serta pohon Durian yang Rindang dengan dedauanan kering menutupi permukaan tanahnya,serta diisekitar pohon bamboo, pohon Rambutan, dan pohon alami yang sangat rindang dan lembab,  sehingga dibawah pohon dan daun –daun kering tersebut terdapat tumbuhnya kulat bantilung atau kulat siau,
Beberapa jenis kulat ini ada beberapa jenis dan warna serta teksturnya : Ada Kulat Bantilung dengan warna…


BUAH LANGKA DAN DIAMBANG KEPUNAHAN RUKAM TANAMAN BUAH KHAS INDONESIA (Flacourtia Rukam Zoll & Mor)

Tanaman Rukam /Rukem, atau Buah Rukam, sudah jarang ditemukan serta menjadi tanaman langka baik di pedalaman maupun di Indonesia secara umumnya, Barang kali diantara kita ada yang masih pernah melihat atau belum pernah melihat tanaman serta buah rukam ini. Buah Rukam atau Rukem, biasa masyarakat kalimantan menyebutnya, merupakan tanaman asli Indonesia. Pohon Rukam yang dalam bahasa latinnya Flacourita Rukam,Rukam tersebut mempunyai rasa asam kecot/ nano-nano, warna buah sewaktu muda berwarna hijau, masaknya berwarna kemerah-merahan.Merupakan tanaman atau tumbuhan yang mulai langka di Indonesia, waktu kecil saat itu saya masih anak – anak sekolah Dasar masih melihat adanya pohon Rukam di pekarangan rumah tetangga saya, sudah hampir 35 tahun saya tak pernah lagi melihat adanya pohon rukam ini.
Dalam ingatan saya dan pernah melihat secara langsung pohon ini cukup tinggi bisa mencapai 20 meter, dan cabang biasanya berlekok-lekok, atau bengkok. Pada Batang Rukam terdapat duri-duri yang ta…


TRIK DAN CARA AGAR PEPAYA MAU BERBUAH

Info >>jurnalpenyuluhan.blogspot.com

Bunga pepaya termasuk bunga majemuk yang tersusun pada sebuah tangkai atau poros bunga (pedunculus). Kelompok bunga majemuk tersebut disebut infloresensia yang duduk pada ketiak daun.Tanaman pepaya memiliki tiga jenis bunga, yaitu bunga jantan (masculus), bunga betina (femineus), dan bunga sempurna (hermaprodit).

bunga jantan (bunga yang hanya memiliki benang sari saja)
bunga betina (bunga yang hanya memiliki putik saja)
bunga sempurna/hermaprodit (bunga yang memiliki benang sari dan putik
Bunga jantan adalah bunga yang hanya memiliki benang sari saja, sedangkan bunga betina hanya memiliki putik saja. Kedua jenis bunga tersebut disebut bunga berjenis kelamin satu atau uniseksual. Jenis bunga yang memiliki putik dan benang sari disebut sebagai bunga sempurna/hermaprodit. Oleh karena memiliki dua kelamin, bunga sempuma termasuk bunga biseksual.

Pepaya termasuk tanaman yang menyerbuk silang. Penyerbukan sebagian besar dibantu oleh angin dan sera…


Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBEDAKAN BUNGA JANTAN (PUTIK) DAN BUNGA BETINA (BENANG SARI) PADA TANAMAN PEPAYA

JENIS DAN CIRI TANAMAN YANG BISA DIBUAHKAN DALAM POT